HOME, Bugar

Kenali Penyebab Munculnya Komedo di Wajah, Sudah Tahu?

Kenali Penyebab Munculnya Komedo di Wajah, Sudah Tahu?

MOMSMONEY.ID - Komedo di wajah ada dua jenis yaitu blackhead dan whitehead, tetapi penyebab munculnya komedo tetap sama. Ada banyak penyebab munculnya komedo di wajah salah satunya hormon dan makanan tidak sehat.

Penyebab komedo bisa disebabkan dari faktor dalam dan luar diri. Agar lebih jelasnya, inilah penyebab munculnya komedo di wajah dilansir dari evamuliaclinic.com, yaitu:

Komedo Hitam

1. Hormon

Penyebab munculnya komedo pertama yaitu hormon. Setiap orang memiliki hormon yang berbeda-beda dan bahkan ada yang mengalami ketidakseimbangan.

Untuk orang dengan kadar testosteron yang tinggi akan lebih mudah terserang jerawat dan komedo karena adanya peningkatan rangsangan aktivitas kelenjar sebaceous yang menyebabkan sebum berproduksi secara berlebihan.

Baca Juga: Inilah 4 Cara Mencegah Kulit Kering pada Tangan

2. Makanan Tidak Sehat

Selanjutnya, penyebab munculnya komedo adalah makanan tidak sehat. Kondisi kulit juga berpengaruh dengan makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Penyebab munculnya komedo di wajah disebabkan oleh makanan berminyak, makanan manis, dan makanan kaya karbohidrat. 

Ada baiknya, Anda lebih teliti setelah mengkonsumsi gorengan secara rutin, maka wajah Anda akan muncul komedo dan jerawat di wajah Anda. Jika kulit mengalami reaksi, sebaiknya Anda perlu menghindarinya.

Konsumsilah makanan seperti buah-buahan dan sayuran. Buah dan sayuran sendiri mengandung banyak nutrisi yang membantu menjaga kesehatan kulit dan menunda penuaan dini.

3. Penggunaan Riasan Berlebih

Penyebab muncul komedo selanjutnya yaitu penggunaan riasan berlebih. Penggunaan riasan berlebih akan membuat kulit lebih rentan terhadap jerawat dan komedo.

Perhatikan make up dan alat make up yang digunakan dalam kondisi baik, bebas minyak, dan non-comedogenic. Jika sudah mengalami komedo, lakukan perawatan wajah rutin secara alami, agar kulit kembali bersih dan cerah. 

4. Lingkungan 

Penyebab komedo di wajah lainnya adalah pengaruh lingkungan. Paparan polusi dan sinar matahari berpengaruh buruk pada kulit yang bisa menyebabkan kemodo dan jerawat. Jika wajah terkena asap polusi misalnya, lama kelamaan akan terjadi penumpukan mikropartikel di pori-pori wajah yang tentunya menjadi penyebab komedo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News