CLOSE [X]
ads

Kenali Penyebab Kulit Kepala Kering, Gatal dan Berketombe di Sini

Reporter: Rizka Noveliana
Jumat, 21 Januari 2022 | 16:14 WIB
Kenali Penyebab Kulit Kepala Kering, Gatal dan Berketombe di Sini

ILUSTRASI. Kenali Penyebab Kulit Kepala Kering, Gatal dan Berketombe di Sini


MOMSMONEY.ID - Saat kulit kepala kering, gatal dan berketombe membuat Anda merasa tidak nyaman. Lama kelamaan kulit kepala kering, gatal dan berketombe bisa mengganggu kegiatan Anda sehari-hari. Sebelum Anda merawat masalah ini, Anda perlu mencari tahu penyebabnya. Melansir dari headandshoulders.co.id, berikut penyebab kulit kepala kering, gatal dan berketombe, yaitu: 

1. Terlalu Sering atau Jarang Keramas

Penyebab kulit kepala kering, gatal dan berketombe pertama adalah terlalu sering atau jarang keramas. Anda perlu mengetahui jenis rambut yang dimiliki sehingga dapat menentukan frekuensi keramas yang tepat untuk rambut. 

Frekuensi keramas penting untuk menjaga kulit kepala tetap sehat dan terbebas dari rasa gatal dan ketombe. Terlalu jarang keramas akan menyebabkan kotoran dan minyak rambut menumpuk hasil dari aktivitas dan polusi yang kita temui sehari-hari. Hal ini tentu menyebabkan rasa gatal dan ketombe di kulit kepala.

Sedangkan terlalu sering keramas, terutama dengan shampo yang kasar, akan membuat kulit kepala kering dan muncul rasa gatal. Namun jika Anda mempunyai kondisi kulit kepala tertentu seperti ketombe atau dermatitis seboroik, Anda harus keramas setiap hari dengan shampo yang tepat untuk mengatasinya.

Baca Juga: Inilah Cara Merawat Rambut Berminyak dari Rumah, Cobain Yuk!

2. Dermatitis Seboroik

Penyebab selanjutnya adalah dermatitis seboroik. Dermatitis seboroik sendiri adalah versi lebih parahnya dari ketombe. Ketombe muncul karena ada ketidakseimbangan kandungan minyak di kulit kepala dan karena pengaruh mikroorganisme jamur bernama malassezia.

Jamur ini memproduksi zat yang menyebabkan iritasi pada kulit kepala dan menyebabkan ketombe. Namun pada kondisi dermatitis seboroik, hal ini diperparah dengan pembengkakan, kulit memerah, rasa gatal, dan rambut rontok.

Anda akan lebih rentan terkena kondisi dermatitis seboroik ini jika: kulit kepala Anda terlalu berminyak, ada keturunan genetis dari keluarga, punya kondisi psoriasis, sedang mengalami stres emosional yang cukup tinggi, atau ketahanan tubuh yang sedang rendah. Namun dengan shampo dan kondisioner anti-ketombe yang bagus, kondisi ini dapat diatasi dengan mudah.

3. Dermatitis Kontak

Penyebab kulit kepala kering, gatal dan berketombe lainnya adalah dermatitis kontak. Berbeda dengan dermatitis seboroik, dermatitis kontak terjadi akibat kontak dengan bahan-bahan kimia. Iritasi ini menyebabkan rasa gatal dan kering pada kulit kepala. Beberapa bahan kimia yang bisa menyebabkan dermatitis kontak ini antara lain:

  • Beberapa komponen cat rambut
  • Pemutih rambut (Hair bleach)
  • Obat perawatan rambut seperti Brazilian blowouts atau Japanese perms
  • Parfum Fragrance in perfume Kalau kulit kepala Anda merasa gatal setelah menggunakan bahan-bahan kimia di atas, Anda mungkin mengalami dermatitis kontak. Dan jika tidak diatasi dengan benar, rasa gatal itu akan terus muncul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru