Bugar

Kenali Penyebab Insomnia dan Cara Ampuh Mengatasinya

Kenali Penyebab Insomnia dan Cara Ampuh Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Insomnia adalah kondisi saat Anda merasa sangat sulit untuk tidur, tidak bisa tidur nyenyak, atau keduanya.

Bahkan, kondisi ini bisa menyebabkan Anda terbangun tengah malam dan tidak bisa kembali tidur. Kondisi ini juga lebih banyak terjadi pada pasien perempuan daripada pasien laki-laki.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menemukan bahwa 27% pasien yang mengikuti survey menyatakan kesulitan tidur.

Jika Anda mengalami masalah tidur, ada beberapa hal yang dapat dicoba secara mandiri untuk mengatasinya. Terutama, berkaitan dengan kebiasaan tidur Anda.

Baca Juga: 5 Manfaat Teh Melati untuk Kesehatan Tubuh. Bisa Menurunkan Berat Badan Loh!

Dirangkum adri Sleep Education, inilah beberapa cara mengatasi insomnia yang bisa Anda lakukan, antara lain:  

Olahraga menjelang waktu tidur

Cara mengatasi insomnia yang pertama dengan melakukan olahraga menjelang waktu tidur. Anda dapat mencoba berolahraga pada sore hari atau beberapa jam sebelum waktu tidur.

Salah satu hal yang disarankan untuk mengatasi insomnia adalah berolahraga menjelang waktu tidur, karena membantu menciptakan tidur yang nyenyak.

Ciptakan suasana kamar tidur yang nyaman

Cara mengatasi insomnia yang kedua adalah menciptakan suasana kamar tidur yang nyaman. Kamar tidur anda juga memegang peranan penting dalam menjaga tidur Anda berkualitas.

Coba pastikan kamar tidur nyaman, gelap dan memiliki suhu yang nyaman. Pakailah kamar tidur hanya untuk beristirahat. Jadi, jangan terbiasa bekerja atau menonton TV di kamar tidur.

Hindari konsumsi obat tertentu

Cara mengatasi insomnia yang ketiga adalah menghindari mengonsumsi obat-obatan tertentu. Jika Anda mengonsumsi obat-obatan secara rutin, perhatikanlah jenis obat yang Anda konsumsi.

Beberapa jenis obat diketahui menyebabkan insomnia pada orang tertentu. Hal ini mencakup obat yang digunakan untuk mengatasi darah tinggi, obat kolesterol, antidepresan, atau obat antiradang.

Baca Juga: 5 Manfaat yang Didapatkan Jika Mengonsumsi Buah Nangka Secara Rutin

Hindari kebiasaan begadang 

Cara mengatasi insomnia yang selanjutnya adalah menghindari kebiasaan begadang. Saat tidur malam kurang baik, sering kali Anda tergoda untuk tidur siang demi melawan rasa kantuk.

Jika memungkinkan, hindari kebiasaan ini. Namun, jika merasa sangat lelah, batasi jam tidur siang hanya setengah jam. Selain itu, hindari tidur siang setelah pukul 3 sore.

Hindari makan banyak sebelum tidur

Cara mengatasi insomnia yang terakhir adalah menghindari makan banyak sebelum tidur. Anda mungkin perlu makan malam lebih dini untuk menerapkan tips ini.

Untuk mencegah rasa lapar, Anda dapat memakan camilan sehat. Batasi juga konsumsi cairan menjelang waktu tidur, sehingga Anda tidak terbangun untuk BAK.

Dengan menerapkan beberapa hal tersebut, Anda bisa membantu pengobatan dan perawatan untuk insomnia menjadi lebih efektif.

Hal ini tentu membantu Anda agar bisa segera terbebas dari masalah sulit tidur yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News