HOME, Santai

Kenali Penyebab dan Cara Memutihkan Selangkangan Hitam

Kenali Penyebab dan Cara Memutihkan Selangkangan Hitam

MOMSMONEY.ID - Selangkangan yang hitam membuat rasa percaya diri semakin berkurang. Walaupun tak terlihat namun tetap saja selangkangan hitam akan terlihat menganggu ketika menggunakan pakaian mini.

Berbagai usaha dan cara kerap dilakukan untuk bisa menghilangkan selangkangan yang hitam. Selangkangan hitam ini bisa terjadi pada siapa saja tanpa memperhatikan warna kulit. 

Melansir dari halaman Medical News Today, hal ini disebabkan karena kulit pada bagian paha dalam memproduksi melanin berlebih. Melanin adalah pigmen yang memberi warna pada kulit. Kondisi tersebut disebut dengan hyperpigmentation.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Penggunaan Serum Vitamin C, Jangan Sampai Keliru!

Penyebab munculnya hyperpigmentation pada kulit diakibatkan oleh banyak hal. Gesekan yang membuat kulit lecet adalah penyebab yang paling umum. Biasanya terjadi karena banyaknya aktivitas olahraga atau berjalan.

Selain itu gesekan yang terjadi antara kulit dan pakaian yang terlalu ketat juga dapat menyebabkan selangkangan menggelap. Hormon yang tidak seimbang pun juga menjadi penyebab munculnya hyperpigmentasi. 

Laman Health Line menjelaskan bahwa ketidakseimbangan hormone bisa terjadi karena faktor kehamilan, menyusui, menstruasi, atau adanya gangguan Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS). Penyakit diabetes mellitus pun juga merupakan faktor kulit selangkangan menjadi gelap.

Perawatan rumahan untuk mengobati dan menghilangkan selangkangan yang gelap cukup mudah untuk dilakukan. Namun harus memiliki konsistensi agar dapat memperoleh hasil yang diinginkan.

Baca Juga: Penyebab Penting Anda Harus Pakai Sunscreen

Menggunakan produk perawatan tubuh yang mengandung niacinamide, vitamin E, minyak zaitun, minyak jojoba, dan kojic acid bisa Anda jadikan pilihan. Semua bahan tersebut akan membantu menjaga kelembapan kulit di area selangkangan yang kering.

Di samping itu, bahan tersebut juga aman digunakan untuk meredakan lecet atau luka yang terjadi karena gesekan pada selangkangan. Untuk mencegah munculnya selangkangan yang hitam pastikan untuk selalu menjaga kelembapan di area selangkangan.

Sebisa mungkin gunakan pakaian yang longgar untuk menghindari gesekan berlebih yang bisa membuat kulit lecet. Gunakan juga sunscreen pada bagian selangkangan ketika Anda menggunakan pakaian mini.

Yang paling penting jangan menggaruk atau menggosok area selangkangan secara berlebihan. Agar tidak meninggalkan luka dan bekas luka di area sekitar selangkangan. 

Selanjutnya: Manfaatkan Buah Pepaya untuk Memutihkan Kulit Secara Alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News