HOME, Bugar

Kenali Pentingnya Kebutuhan Vitamin D untuk Tumbuh Kembang Anak

Kenali Pentingnya Kebutuhan Vitamin D untuk Tumbuh Kembang Anak

MOMSMONEY.ID - Vitamin D merupakan salah satu asupan vitamin yang sangat dibutuhkan bagi orang dewasa maupun anak-anak.

Kebutuhan vitamin D harus dipenuhi dengan baik agar tubuh dapat menyerap kalsium serta fosfor bagi kesehatan tulang serta gigi. Selain itu, asupan vitamin D yang terpenuhi dengan baik pada anak pun dapat memengaruhi tumbuh kembangnya.

Tidak hanya pada orang dewasa, anak-anak pun membutuhkan vitamin D untuk pertumbuhan, tetapi dengan ukuran asupan yang berbeda.

Baca Juga: Kenali Pentingnya Kebutuhan Vitamin D untuk Kesehatan Ibu Hamil

Nah, tidak ada salahnya para orangtua ketahui pentingnya vitamin D bagi pertumbuhan anak di sini. Dengan begitu, orang tua akan lebih memahami berapa banyak asupan yang dibutuhkan serta sumber vitamin D yang bisa ibu berikan pada anak. 

Melansir Centers for Disease Control and Prevention, bayi dengan usia kurang dari 12 bulan membutuhkan asupan 400 IU vitamin D setiap harinya. Sedangkan anak-anak dengan usia 12–24 bulan, membutuhkan 600 IU vitamin D per hari.

Namun, asupan ini tetap disesuaikan dengan kondisi kesehatan anak. Beberapa anak membutuhkan vitamin D lebih ketika mengalami gangguan kesehatan, seperti penyakit celiac, obesitas, dan gangguan pada tulang.

Anak-anak yang baru saja mengalami tindakan bedah pada bagian tulang juga membutuhkan asupan vitamin D lebih banyak untuk proses pemulihan.

Melansir dari jurnal Children, vitamin D menjadi salah satu nutrisi yang memengaruhi perkembangan otak. Untuk itu, sangat penting memenuhi kebutuhan vitamin D agar perkembangan otak dapat bekerja secara maksimal.

Baca Juga: 5 Manfaat Blueberry untuk Kesehatan dan Tumbuh Kembang Anak

Kekurangan vitamin D pada anak maupun remaja ternyata dapat tingkatkan risiko gangguan kesehatan mental, salah satunya adalah skizofrenia. Tidak hanya itu, vitamin D sangat penting bagi anak untuk mencegah gangguan kesehatan tulang.

Berbagai gangguan kesehatan tulang dapat dialami anak sehingga mengganggu tumbuh kembang, seperti skoliosis, rakitis atau tulang rapuh, dan rentan alami patah tulang.

Kekurangan vitamin D juga menyebabkan anak-anak lebih sering mengalami nyeri otot, cepat lelah, dan memiliki masalah dalam gerak. Bahkan, kekurangan vitamin D dapat tingkatkan risiko penyakit migrain pada anak-anak hingga remaja.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D pada anak, sebaiknya ketahui beberapa sumber vitamin D yang baik bagi anak. Untuk bayi yang belum memasuki usia MPASI, penuhi kebutuhan ASI nya setiap hari. 

Selanjutnya: Kaya Nutrisi, Inilah Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News