HOME, Bugar

Kenali Mitos Makanan untuk Penderita Diabetes

Kenali Mitos Makanan untuk Penderita Diabetes

MOMSMONEY.ID - Agar bisa mengendalikan kadar gula darah dengan baik, penderita diabetes perlu memperhatikan pola makannya sehari-hari.

Namun, ada banyak mitos makanan diabetes yang perlu dicari tahu dulu kebenarannya agar penderita bisa menikmati makanan dengan aman.

Salah satu hal penting yang perlu dilakukan penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula darahnya adalah dengan memperhatikan pola makannya sehari-hari. 

Namun, ada begitu banyak mitos makanan untuk penderita diabetes yang beredar di luar sana, sehingga sering membuat bingung menentukan jenis makanan yang tepat bagi kondisinya. 

Baca Juga: Waspada! Ini Bahaya Sleep Anxiety untuk Kesehatan Tubuh

Dilansir dari Healthline, inilah beberapa mitos makanan untuk penderita diabetes, antara lain: 

1. Buah tidak baik untuk penderita diabetes

Mitos makanan untuk penderita diabetes yang pertama adalah buah tidak baik untuk penderita diabetes. Tidak ada buah yang dilarang dalam pola makan bagi penderita diabetes.

Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak buah utuh sebenarnya bisa dikaitkan dengan peningkatan kadar insulin dan kontrol gula darah yang lebih baik.

Hal itu karena kebanyakan buah utuh kaya akan nutrisi, termasuk serat, yang bisa meningkatkan kadar gula darah yang sehat.

Bagi penderita diabetes, sebaiknya pilihlah buah-buahan yang rendah gula. Contohnya seperti apel, berbagai jenis buah beri (stroberi, bluberi, dan lain-lain), dan jeruk bali.

Namun, memang benar bahwa beberapa buah mengandung lebih banyak gula alami daripada yang lain. Oleh karena itu, konsumsilah buah dalam porsi yang tepat.

2. Jangan konsumsi gula

Mitos makanan untuk penderita diabetes yang kedua adalah jangan mengonsumsi gula. Terlalu banyak konsumsi gula memang membuat Anda rentan mengalami diabetes.

Tapi bukan berarti Anda enggak boleh mengonsumsi gula. Anda hanya perlu membatasi konsumsi gula harian, setidaknya 50 gram per hari (setara 4 sendok) sesuai anjuran Kementerian Kesehatan RI.

Anda tetap bisa mengonsumsi gula sambil tetap menjaga dan mempertahankan kadar gula darah di level normal. Berikut adalah aturan makanan manis untuk penderita diabetes:

  • Makan makanan manis dalam porsi kecil.
  • Ganti dengan camilan manis yang sehat seperti buah-buahan.
  • Kombinasikan makanan manis dengan makanan lain seperti sayur, protein, dan kacang-kacangan.
  • Periksa label makanan manis yang Anda makan untuk mengetahui kadar gula dan karbohidrat di dalamnya.
  • Buat momen khusus untuk mengonsumsi makanan tertentu. Misalnya, makan makanan manis di hari ulang tahun atau hari spesial lainnya.

Baca Juga: 5 Jenis Olahraga yang Mudah Dilakukan Saat Berpuasa

3. Penderita diabetes pantang konsumsi karbohidrat

Mitos makanan untuk penderita diabetes yang ketiga adalah penderita diabetes pantang konsumsi karbohidrat. 

Bukannya tidak boleh, melainkan penderita diabetes perlu memperhatikan tipe dan jumlah karbohidrat yang dikonsumsi.

Karbohidrat yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah karbohidrat dengan indeks glikemik (IG) rendah. 

Contohnya seperti beras merah, roti gandum, buah (seperti: apel, pisang, jeruk, dan salak), sayur (seperti: kol, wortel, sawi), dan kacang-kacangan (seperti: kacang tanah, kacang mede, dan kacang merah).

Sebisa mungkin, usahakan agar jumlah karbohidrat yang dikonsumsi tidak lebih dari seperempat piring makananmu, ya. Meski diabetes, Anda tetap bisa menikmati makanan yang Anda suka.

Sebab menahan diri untuk mengonsumsi makanan tertentu (misalkan makanan manis) bisa membuat Anda mengalami binge eating atau makan secara berlebihan

Itulah beberapa mitos makanan untuk penderita diabetes yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News