Keluarga

Kenali Manfaat Tumbuhan Cocor Bebek, Ternyata Begini Cara Berkembang Biaknya

Kenali Manfaat Tumbuhan Cocor Bebek, Ternyata Begini Cara Berkembang Biaknya

MOMSMONEY.ID - Tanaman cocor bebek merupakan tanaman hias yang mudah tumbuh di parit, kebun, bahkan di tanah berbatu. Tak banyak yang mengetahui manfaat tumbuhan cocor bebek dan cara berkembang biaknya. 

Manfaat tumbuhan cocor bebek sangat beragam, terutama untuk kesehatan. Cara berkembang biak cocor bebek juga berbeda dari tumbuhan lainnya. 

Anda perlu mengetahui manfaat tumbuhan cocor bebek dan cara cocor bebek berkembang biak. 

Mengutip dinpertanpangan.demakkab.go.id, tumbuhan cocor bebek memiliki nama ilmiah Kalanchoe Pinnata atau Bryophyllum pinnatum.

Tumbuhan cocor bebek memiliki daun tebal berdaging dan mengandung banyak air. Sedangkan batangnya lunak dan memiliki ruas. 

Baca Juga: Mengenal Zodia, Berikut 5 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Mudah Dirawat

Cocor bebek memiliki bunga majemuk berwarna merah muda. Tumbuhan cocor bebek akan menumbuhkan tunasnya pada bagian tepi daun. 

Tumbuhan cocor bebek menjadi salah satu tren memelihara tanaman sejak awal pandemi. Anda bisa menanam cocor bebek di dalam pot hias sebagai pemanis ruangan Anda.

Tak ada salahnya menanam cocor bebek untuk dijadikan sebagai tanaman hias di dalam rumah. Sebab, tumbuhan cocor bebek memiliki banyak manfaat. 

Berikut manfaat tumbuhan cocor bebek di antaranya:

  • Dipercaya mampu menjadi pereda alergi
  • Dipercaya mampu mengatasi peradangan dan infeksi karena memiliki efek antimikrobial
  • Dipercaya memiliki khasiat antioksidan
  • Diperacaya memiliki khasiat antidiabetes
  • Dipercaya memiliki khasiat anti-neoplastic atau mencegah kanker
  • Dan beragam manfaat lain seperti pengobatan herbaltradisional untuk mengatasi batu ginjal, luka lambung, ataupun peradangan sendi

Baca Juga: Intip Cara Merawat Bunga Zinnia, Kenali Manfaat dan Klasifikasi Bunga Kertas

Selain itu, terdapat manfaat tumbuhan cocor bebek bagi kesehatan antara lain sebagai berikut:

1. Meredakan sakit kepala 

Petik daun cocor bebek, cuci bersih dan memakannya. Cara ini bisa untuk meredakan sakit kepala Anda. 

Selain itu, Anda juga bisa meminum air rebusannya dan memakan daun cocor bebek yang direbus sebagai lalapan. 

2. Menyembuhkan luka 

Tumbuk daun cocor bebek hingga halus, kemudian tempelkan tumbuhan cocor bebek pada luka. 

Tutup dengan kain kasa dan biarkan selama beberapa jam. Daun cocor bebek mengandung antibakteri dan inflamasi yang menggantikan fungsi antiseptik dalam membantu menyembuhkan luka.

Baca Juga: Cara Merawat Aglonema Lipstik, Ketahui Harga dan Jenisnya

3. Meredakan demam

Haluskan empat helai daun cocor bebek, kemudian tempelkan pada dahi sebagai kompres. Anda juga bisa membalurkan air hasil tumbukan daun cocor bebek ke seluruh tubuh sebagai kompres badan. Cara ini dapat dicoba untuk membantu meredakan demam

4. Mengatasi gigitan nyamuk

Tumbuk halus 10 helai daun cocor bebek hingga airnya keluar. Kemudian peras dan saring daunnya. Oleskan air tersebut pada bagian tangan dan kaki yang digigit nyamuk.

5. Hilangkan jerawat

Haluskan daun cocor bebek secukupnya, kemudian campurkan dengan air mawar dan masukkan ke dalam wadah botol spray. Setelah itu, semprotkan campuran tersebut pada wajah, diamkan beberapa saat, dan bilas dengan air hangat.

Ulangi cara ini secara teratur selama beberapa hari dan rasakan manfaatnya. Namun, hentikan penggunaan campuran daun cocor bebek dan air mawar pada wajah jika terjadi iritasi.

Baca Juga: Harga Aglonema Tiara Merah, Simak Rekomendasi Tempat untuk Merawatnya

Cara berkembang biak cocor bebek 

Mengutip Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Barat, cara berkembang biak cocor bebek dilakukan dengan tunas. 

Tumbuhan cocor bebek akan menumbuhkan tunasnya pada bagian tepi daun. Cara berkembang biak cocor bebek ini disebut tunas adventif.

Tunas adventif merupakan perkembangbiakan tumbuhan dengan menumbuhkan tunas liar di luar bagian batang. 

Selain itu, tumbuhan cocor bebek juga bisa berkembang biak secara vegetatif alami. Contoh perkembangbiakan secara vegatatif adalah akar tinggal, spora, umbi lapis, umbi akar, umbi batang, tunas dan tunas adventif. 

Selain tumbuhan cocor bebek, ada tumbuhan lain yang berkembang biak dengan cara ini. Tumbuhan tersebut antara lain lengkuas, jahe, temulawak, bawang, kentang, dan singkong.

Itulah penjelasan mengenai manfaat tumbuhan cocor bebek beserta cara perkembang biakan cocor bebek yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News