Bugar

Kenali Manfaat Timun untuk Wajah dan Cara Pemakaiannya

Kenali Manfaat Timun untuk Wajah dan Cara Pemakaiannya

MOMSMONEY.ID - Sudah sering digunakan, inilah manfaat timun untuk wajah dan cara pemakaiannya. Anda pernah menemukan timun sebagai bahan utama produk kecantikan.

Melansir dari Wikipedia, timun memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit.

Selain itu, kandungan asam askorbat dan asam caffeic yang ada di timun dapat menurunkan tingkat retensi air, sehingga dapat mengurangi pembengkakan di sekitar mata. 

Kandungan air yang tinggi seperti vitamin A, B, dan C serta mineral membuat timun menjadi bagian penting dalam perawatan kulit.

Baca Juga: 4 Cara Membuat Masker Tomat untuk Memutihkan Wajah, Coba Yuk!

Jika Anda tertarik, berikut manfaat timun untuk wajah dan cara pemakaiannya dilansir dari indonesianbeautyheritage.com, yaitu:

1. Menghilangkan lingkaran hitam mata

Manfaat timun yang telah banyak orang tahu adalah dapat menghilangkan lingkaran hitam mata. Timun memiliki kandungan antioksidan dan silica yang baik untuk menghilangkan lingkaran hitam di sekitar kulit mata.

Cara pemakaiannya sangat mudah, letakkan dua irisan timun ke bagian mata dan diamkan selama 30 menit. Anda juga bisa mencelupkan kapas ke dalam jus timun kemudian kompreskan pada mata. 

2. Mencerahkan kulit wajah

Timun dipercaya mampu mencerahkan dan memutihkan kulit wajah karena timun mengandung antioksidan. Selain itu, Anda dapat menambahkan perasan air lemon, yang mana mengandung vitamin C terkenal ampuh mencerahkan kulit. Berikut cara pemakaiannya, yakni:

Haluskan 3 iris timun terlebih dahulu:

  • Campurkan 1 sdt air lemon
  • Oleskan merata di seluruh bagian wajah dan diamkan selama 30 menit
  • Kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Baca Juga: Jangan Keliru, Ini Perbedaan Cleansing Milk, Cleansing Oil dan Cleansing Concentrate

3. Mengatasi wajah berminyak

Manfaat timun selanjutnya dapat mengatasi wajah berminyak. Anda dapat membuat masker dari timun dan air mawar, caranya tidak sulit. Haluskan timun dengan cara diblender atau diparut secukupnya dan tambahkan air mawar.

Kemudian,oleskan di bagian wajah yang memproduksi banyak minyak seperti di bagian T-zone seperti dahi, hidung dan dagu. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih.

4. Menyamarkan pori-pori 

Timun juga dapat menyamarkan pori-pori wajah yang besar. Tentunya dengan beberapa tambahan bahan lain seperti tomat, lidah buaya dan cuka apel. Cara membuatnya yakni:

  • Haluskan timun terlebih dahulu dengan diblender atau diparut secukupnya.
  • Tambahkan salah satu bahan yaitu cuka apel, gel lidah buaya atau tomat.
  • Oleskan merata pada wajah dan diamkan selama 10 - 15 menit, Kemudian bilas hingga bersih. 

5. Merawat kulit wajah sensitif 

Manfaat timun untuk wajah lainnya adalah  merawat kulit wajah sensitif. Anda dapat membuat masker wajah dari timun dan oatmeal.

Kandungan antioksidan pada timun berfungsi untuk meningkatkan perlindungan kulit dari kerusakan. Sementara oatmeal mengandung asam amino sehingga dapat menangkal radikal bebas dan memperkuat lapisan permukaan kulit agar tidah mudah iritasi.

Cara pemakaian masker timun dan oatmeal yaitu haluskan timun dan oatmeal secukupnya. Oleskan merata ke permukaan kulit wajah dan diamkan selama 20 menit hingga masker terasa kering. Kemudian, bilas masker dengan air hingga bersih. 

Itulah manfaat timun untuk wajah dan cara pemakaiannya, tidak sulit bukan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News