HOME, Bugar

Kenali Manfaat Rutin Mengonsumsi Semangka Kuning Saat Program Hamil

Kenali Manfaat Rutin Mengonsumsi Semangka Kuning Saat Program Hamil

MOMSMONEY.ID - Semangka adalah salah satu jenis buah yang biasa dijadikan pencuci mulut, alias makanan penutup. Buah yang satu ini cukup populer dan digemari, mulai anak-anak hingga orang dewasa.

Selain mudah dicari dengan harga murah, semangka juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Tak hanya itu, bahkan semangka penting dikonsumsi bagi pria dan wanita.

Semangka mengandung mineral tinggi, sehingga bisa membuat tubuh menjadi lebih segar. Buah bercangkang hijau loreng ini memiliki warna daging yang berbeda, ada yang merah dan kuning.

Baca Juga: Selain Segar, Inilah 5 Manfaat Murbei untuk Kesehatan Tubuh

Buah semangka mengandung kalium, protein, vitamin A, B6, C, E, dan K. Semangka juga memiliki senyawa zat besi, sodium, mangan, dan masih banyak lagi, dilansir dari Healthline.

Saking banyaknya nutrisi dalam semangka, buah ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kesuburan pria ataupun wanita.

Berikut merangkum dari Everyday Health dan Healthline, beberapa manfaat semangka bagi kesehatan dan baik dikonsumsi oleh pria dan wanita.

1. Meningkatkan kesehatan prostat bagi pria

Semangka mengandung lycopene tinggi ketimbang jenis buah atau sayuran lainnya. Kandungan tersebut dipercaya memiliki kualitas antioksidan untuk menjaga kulit, jantung dan prostat tetap sehat.

The University of Illinois di Chicago pernah menguji peserta tes mencerna lycopene selama tiga minggu sebelum menjalani prostatektomi.

Hasilnya menunjukkan bahwa kerusakan pada jaringan prostat berkurang secara signifikan pada akhir percobaan tiga minggu.

2. Menyuburkan kandungan

Senyawa asam folat tinggi dalam buah semangka baik dikonsumsi oleh ibu hamil, karena bisa menyuburkan kandungan serta mencegah terjadinya cacat fisik dan juga saraf pada bayi.

Manfaat tersebut bisa lebih maksimal jika semangka diolah menjadi jus lebih dulu sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Anda juga perlu memisahkan bijinya terlebih dahulu.

3. Meningkatkan produksi sperma

Kandungan vitamin B12 dan asam folat dalam semangka sangat bermanfaat dalam pembentukan materi genetik, sehingga sangat baik untuk memperbaiki sperma abnormal, meningkatkan jumlah sperma dan juga meningkatkan kemampuan gerak sperma.

Oleh karena itu, rajin-rajinlah mengonsumsi buah semangka secara rutin, terutama jika Anda yang ingin memiliki cairan sperma berkualitas, ingin meningkatkan vitalitas yang berhubungan dengan organ seksual lebih maksimal.

Baca Juga: Buah-Buahan yang Ampuh Meredakan Tekanan Darah Tinggi

Tidak hanya itu berikut ini manfaat semangka bagi kesehatan secara umum yang juga bisa Anda rasakan manfaatnya untuk kesehatan tubuh lainnya.

  1. Mencegah asma
  2. Menurunkan tekanan darah
  3. Menangkal sel kanker berbahaya
  4. Mengatasi sembelit dan melancarkan pencernaan
  5. Mencegah peradangan
  6. Membuat kulit lembut dan halus
  7. Mengatasi nyeri otot
  8. Sumber kolagen alami
  9. Memelihara kesehatan jantung dan tulang
  10. Menurunkan berat badan
  11. Melancarkan urin
  12. Memelihara kesehatan mata
  13. Menghindari dehidrasi
  14. Mencegah diabetes
  15. Mengobati gangguan ginjal
  16. Mengatur tekanan darah
  17. Menurunkan kolesterol jahat (HDL)

 Berikut ini adalah manfaat semangka kuning yang bisa Anda rasakan jika dikosnusmsi secara rutin dan tidak berlebihan. Anda akan bisa meraskaan manfaat dari semangka kuning ini.

Selanjutnya: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Lontar yang Tidak Banyak Diketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News