Kenali Manfaat Kesehatan yang Terkandung di Buah Rambutan

Reporter: Helvana Yulian
Jumat, 26 November 2021 | 12:44 WIB
Kenali Manfaat Kesehatan yang Terkandung di Buah Rambutan

ILUSTRASI. Kenali Berbagai Manfaat yang Ada di Buah Rambutan

MOMSMONEY.ID - Rambutan adalah buah kaya akan karbohidrat yang menyediakan mangan, tembaga, vitamin C, magnesium, dan potasium, dikutip dari Mayo Clinic.

Seperti kebanyakan buah dan sayuran lain, rambutan juga hampir bebas lemak dan natrium. Jadi, buah ini bisa dibilang merupakan salah satu pilihan camilan yang sehat.

Di balik kulit yang keras dan tampilan yang mirip bulu babi, buah rambutan memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis.

Tak hanya itu, buah ini juga kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan, dilansir dari Healthline.

Selain vitamin dan mineral, buah rambutan menyediakan beberapa polifenol yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Secara umum, berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi buah rambutan untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

1. Menurunkan risiko diabetes

Manfaat buah rambutan yang selanjutnya adalah untuk menurunkan risiko diabetes. Jurnal Nutriens menyebutkan bahwa senyawa fenolik yang ada di dalam kulit rambutan dapat menurunkan kadar gula darah.

Namun, penelitian tersebut hanya diuji menggunakan tikus bukan terhadap manusia. Untuk membuktikan khasiat dari kandungan senyawa tersebut masih diperlukan pengujian terhadap manusia.

2. Menjaga sistem imun dalam tubuh

Manfaat buah rambutan yang pertama adalah untuk menjaga sistem imun dalam tubuh. Buah rambutan kaya akan vitamin, mineral dan senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan.

Nutritional Biochemistry jurnal menunjukan bahwa dalam 100 gram buah rambutan memiliki 1,3 – 2 gram serat atau setara dengan jumlah serat yang ada di dalam apel, jeruk, dan buah pir.

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Manfaat buah rambutan yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dalam buah rambutan bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

Sekitar setengah dari serat yang ada di dalam daging buah rambutan tidak larut, sehingga dapat langsung melewati usus tanpa perlu dicerna.

Serat tidak larut dapat menambah kotoran dalam tinja dan membantu mempercepat kerja usu dan dapat mengurangi sembelit.

Baca Juga: Meskipun Pahit, Jangan Ragukan Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

4. Membantu menurunkan berat badan

Nutrition Review menyebutkan bahwa kandungan serat yang tinggi dalam buah rambutan dapat memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Hal ini dikarenakan serat larut yang ada di dalam buah rambutan akan membentuk gel di usus. Gel inilah yang memberikan efek kenyang lebih lama, karena dapat memperlambat penyerapan nutrisi di dalam usus.

5. Membuat rambut jadi sehat

Rambutan membuat rambut lebih terlihat mewah dan tentunya sehat. Ini karena buahnya mengandung seng dan protein yang mengarah pada kesehatan dan pertumbuhan rambut yang lebih baik.

Itulah pembahasan mengenai manfaat buah rambutan untuk kesehatan tubuh. Jadi, buah ini tak kalah menyehatkan jika dibandingkan buah-buahan lainnya.

Jangan lupa untuk menjadikannya camilan sehat dalam pola makan sehari-hari, ya.

Selanjutnya: Manufacturing Series Virtual Expo 2021, mendukung geliat investasi sektor manufaktur

Editor: Helvana Yulian
Terbaru