HOME, Bugar

Kenali Manfaat Jus Tomat untuk Meredakan Berbagai Macam Penyakit

Kenali Manfaat Jus Tomat untuk Meredakan Berbagai Macam Penyakit

MOMSMONEY.ID - Tomat dikenal sebagai sumber nutrisi yang baik untuk tubuh. Buah yang sering kali dianggap sebagai sayuran ini dapat dikonsumsi langsung atau diolah menjadi berbagai jenis minuman, termasuk jus tomat.

Salah satu cara untuk menikmati buah tomat adalah dengan mengolahnya menjadi jus. Tak hanya menyegarkan, manfaat jus tomat juga dikenal baik untuk kesehatan, seperti menurunkan kolesterol dan mencegah berbagai penyakit.

Dengan mengonsumsi buah tomat, Anda bisa mendapatkan berbagai khasiat untuk kesehatan seperti berikut ini.

Baca Juga: 5 Manfaat Timun Untuk Kecantikan, Mencerahkan Kulit Wajah

1. Menjaga kesehatan mata

Beta-karotene, salah satu kandungan nutrisi pada tomat, ternyata tak hanya memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan gizi yang satu ini juga dapat membantu Anda menjaga kesehatan mata.

Beta-karotene, likopen, dan lutein adalah antioksidan yang dapat Anda temukan dalam buah tomat dan memiliki manfaat untuk melindungi mata dari berbagai kerusakan mata, termasuk pembentukan katarak hingga degenerasi makula, dilansir dari Healthline.

2. Mengurangi risiko kanker prostat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa konsumsi jus tomat dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat. Manfaat ini juga berasal dari kandungan likopen yang dapat melindungi sel dari kerusakan.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Jus tomat diduga mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Ini berkat kandungan likopen yang ada di dalamnya. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda hanya cukup mengonsumsi 2 gelas jus tomat setiap harinya. 

4. Mencegah stroke

Manfaat likopen di dalam jus tomat tidak hanya dapat mencegah kolesterol tinggi dan kanker prostat, tetapi juga menurunkan risiko terkena stroke. Hal ini karena likopen dapat mengurangi peradangan, mencegah pembekuan darah, dan memperkuat daya tahan tubuh.

5. Mencegah penyakit diabetes

Buah tomat mengandung karbohidrat yang rendah, yaitu hanya sekitar 4 gram di dalam setiap 100 gram buah tomat. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa rutin mengonsumsi buah tomat dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah yang terkait dengan diabetes tipe 2.

 Baca Juga: Konsumsi 5 Buah Ini Untuk Penderita Usus Buntu

Beragam manfaat jus tomat di atas rasanya sayang untuk dilewatkan. Namun, hal penting yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan tubuh sehat adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, yaitu dengan berolahraga secara rutin, mengonsumsi makanan bergizi, dan mencukupi asupan cairan.

Selanjutnya: Waspada dan Kenali Penyebab Kencing Berdarah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News