HOME, Bugar

Kenali Manfaat Jambu Kristal untuk Kesehatan Tubuh

Kenali Manfaat Jambu Kristal untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Jambu merupakan buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Buah ini mempunyai beberapa jenis yang akan membedakan rasa, cara pengolahan, tekstur, hingga manfaat yang ditawarkan. 

Termasuk juga jambu kristal yang termasuk ke dalam jenis jambu biji. Jambu kristal bisa menjadi salah satu buah yang memberikan banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan.

Hal tersebut tentu tidak terlepas dari kandungan yang dipunyai buah ini. Dengan kandungan gizi yang lengkap, tidak heran apabila jambu kristal menawarkan banyak manfaat kesehatan.

Seperti 5 manfaat jambu kristal yang bisa didapatkan untuk kesehatan tubuh berikut ini, dilansir dari Healthline. 

Baca Juga: Selain Bisa Dinikmati Sebagai Camilan, Jambu Mede Juga Memiliki Manfaat untuk Kesehat

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah jambu kristal merupakan salah satu buah yang tinggi vitamin C, sehingga baik untuk meningkatkan sistem imun. Kandungan vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas.

Kandungan vitamin ini juga penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan di seluruh tubuh. Sehingga, tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. 

2. Meredakan batuk dan flu

Batuk dan flu merupakan penyakit yang paling umum diderita oleh seseorang. Penyakit ini dapat dicegah apabila mempunyai imun yang terjaga sehingga tidak mudah sakit.

Dengan mengonsumsi jambu kristal juga memberikan manfaat untuk mengurangi gejala dan meredakan batuk dan flu yang dirasakan.

Hal tersebut karena kulit, daun, hingga daging buah ini mempunyai kandungan flavonoid yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu buah ini juga mempunyai kandungan vitamin C yang baik untuk mengatasi flu dan batuk.

3. Menjaga kesehatan mata

Jambu kristal juga mengandung vitamin A yang juga bermanfaat bagi kesehatan. Dengan mengonsumsi jambu kristal secara rutin, Anda dapat terhindar dari berbagai gangguan mata, seperti rabun jauh, rabun dekat, silindris, rabun ayam, hingga katarak.

Meski demikian, manfaat jambu kristal di atas belum pernah terbukti secara medis. Bila mengalami penyakit seperti disebutkan sebelumnya, Anda tetap disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu.

Baca Juga: Tidak Hanya Sebagai Penyedap, Kucai Juga Memiliki Banyak Manfaat untuk Tubuh

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat pertama dari jambu kristal adalah dapat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Jambu kristal mempunyai kandungan serat yang tinggi, sehingga hal tersebut dapat membuat gerakan usus menjadi normal.

Bagi yang mengalami gangguan pencernaan, bisa dibantu dengan jambu kristal yang dapat melembutkan dan meningkatkan massa feses sehingga akan mengatasi sembelit yang dialami.

Selain itu dengan mengkonsumsi jambu kristal juga dapat untuk mendapatkan feses yang encer, sehingga akan dapat mencegah diare.

5. Menjaga kesehatan jantung

Selain tinggi vitamin C dan antioksidan, jambu kristal juga kaya akan kalium dan serat. Kalium adalah nutrisi yang berperan dalam mengontrol tekanan darah.

Mengonsumsi serat dan kalium dapat mengurangi peradangan pada jantung, serta membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Untuk mendapatkan manfaat jambu kristal, Anda cukup mengonsumsinya dalam keadaan segar. Pastikan telah mencuci bersih kulit jambu kristal dengan air mengalir, agar tidak terkena penyakit yang berhubungan dengan kebersihan makanan.

Selanjutnya: Konsumsi 5 Buah Ini untuk Meredakan Sakit Kepala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News