Bugar

Kenali Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan Anak, Baik buat Pencernaan

Kenali Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan Anak, Baik buat Pencernaan

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa manfaat buah salah untuk kesehatan anak yang bisa Anda ketahui. Buah salak merupakan buah tropis yang sudah sangat populer di masyarakat.

Buah salak dikenal dengan tekstur kulitnya yang menyerupai sisik ular dan pohonnya juga memiliki daun berduri halus dengan batang yang juga berduri.  

Buah salak juga memiliki cita rasa unik, yaitu manis, sepat dan renyah saat digigit. Apalagi, ada banyak sekali manfaat buah salak yang baik untuk kesehatan. 

Buah salak tidak hanya mengandung karbohidrat dan serat tinggi, tetapi juga berbagai vitamin dan mineral penting seperti vitamin C, vitamin B2, kalium, kalsium, fosfor, folat, dan zat besi. 

Selain itu, ada juga beberapa kandungan senyawa kimia lain pada buah salak yang bermanfaat, seperti flavonoid, likopen, dan karotenoid.  

Dirangkum dari Healthline dan Health Benefits Times, inilah beberapa manfaat buah salah untuk kesehatan anak yang bisa Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Manfaat dan Kandungan Nutrisi Buah Nangka untuk Kesehatan Tubuh

1. Baik untuk pencernaan

Manfaat buah salah untuk kesehatan anak yang pertama adalah baik untuk pencernaan. 

Salak merupakan buah padat nutrisi yang karena diperkaya dengan kalsium, tanin, saponin, flavonoid dan betakaroten. 

Di samping itu, tanin dalam buah salak bersifat sebagai anti diare sehingga salak membantu menyembuhkan diare.   

2. Baik untuk kesehatan mata

Manfaat buah salah untuk kesehatan anak yang kedua adalah baik untuk kesehatan mata. 

Penelitian yang dilakukan oleh Nurfi Afriasyah dari Pusat Litbang Gizi dan Makanan Departemen Kesehatan menyebutkan, kandungan betakaroten dalam 100 gram buah salak kurang lebih 5,5 kali lebih banyak dibandingkan dengan mangga, 3 kali dibanding jambu biji, dan 5 kali ketimbang semangka merah.  

3. Bantu menyehatkan jantung

Manfaat buah salah untuk kesehatan anak yang selanjutnya adalah membantu menyehatkan jantung. 

Salak memiliki kandungan kalium yang baik sehingga dapat membuat jantung sehat. Selain itu, juga dapat membantu pengaturan air di dalam tubuh.  

Hal ini karena jumlah antioksidan dan mineral yang tinggi pada buah salak dapat menjaga sistem jantung berfungsi dengan baik.  

4. Menyehatkan tulang

Manfaat buah salah untuk kesehatan anak yang lainnya adalah menyehatkan tulang. Manfaat buah salak ini datang karena didalamnya terdapat kalsium yang dibutuhkan tulang. 

Banyak yang beranggapan kalsium hanya didapatkan dari susu atau daging saja, padahal buah salak juga bermanfaat untuk kesehatan tulang. 

Bahkan, di dalam salak terdapat kalsium yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian.  

Baca Juga: 10 Manfaat Mengonsumsi Roti Gandum Secara Rutin, Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

5. Sumber zat besi

Manfaat buah salah untuk kesehatan anak yang terakhir adalah menjadi sumber zat besi yang baik untuk tubuh. 

Kekurangan zat besi selain bisa mengganggu pertumbuhan tulang dan gigi juga bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya, bahkan cukup serius. 

Misalnya, kurangnya sel darah merah, yang dapat menimbulkan masalah anemia defisiensi besi. Anda bisa mengkonsumsi buah salak secara rutin sebagai salah satu sumber zat besi alami. 

Di balik kulit luarnya yang sedikit menyeramkan, nyatanya buah salak menyimpan berbagai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. 

Mulai sekarang, Anda bisa mengkonsumsi salak sebagai bagian dari asupan sehat harian Anda.

Itulah beberapa manfaat buah salah untuk kesehatan anak yang bisa Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News