Bugar

Kenali Manfaat Bawang Putih Mentah untuk Kesehatan Tubuh

Kenali Manfaat Bawang Putih Mentah untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

Bawang putih merupakan salah satu jenis rempah yang sering digunakan di Indonesia sebagai bahan untuk menambah cita rasa suatu masakan. 

Rasanya yang khas menjadi alasan bahan ini tidak pernah ketinggalan dalam setiap olahan makanan. Bawang putih juga bermanfaat untuk kesehatan. 

Memakan bawang putih di saat perut kosong juga bisa menjadi sumber penyumbang antibiotik bagi tubuh, dikutip dari Healthline. 

Selain itu, dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Wajib Coba, Berikut 5 Cara Alami yang Efektif Mengatasi Hidung Tersumbat

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah menjaga kesehatan jantung. 

Manfaat bawang putih juga dapat melindungi penderita diabetes dari kardiomiopati(penyakit kronis pada otot jantung).

Fakta ini didapat dari riset yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry.

Penelitian yang dilakukan tersebut menyebutkan bahwa diallyl trisulfide—komponen yang terdapat dalam minyak bawang putih—dapat menyehatkan jantung. 

2. Mencegah alzheimer dan demensia

Manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh yang kedua adalah mencegah alzheimer dan demensia. Salah satu khasiat bawang putih adalah menurunkan berbagai risiko penyakit.

Manfaat ini diperoleh dari kandungan antioksidan di dalam bawang putih. Kandungan tersebut dapat membantu melawan radikal bebas. 

Dengan menurunkan stres oksidatif di dalam tubuh dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah, antioksidan juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit otak seperti alzheimer dan demensia.  

3. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol

Manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh yang ketiga adalah menurunkan tekanan darah dan koelsterol. 

Salah satu manfaat bawang putih untuk kesehatan adalah dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang dipublikasikan di Journal of Nutritional Biochemistry.

4. Menurunkan risiko osteoartritis

Manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah menurunkan risiko osteoartrithis. Osteoartritis adalah peradangan sendi yang pada umumnya berkaitan dengan penuaan. 

Khasiat bawang putih lainnya adalah untuk mencegah osteoartritis. Sebuah studi mengenai hal ini telah dilakukan di King's College London dan University of East Anglia. 

Penelitian tersebut menyebutkan, wanita yang rutin mengonsumsi bawang putih dalam menu harian mengalami penurunan risiko osteoartritis.

Baca Juga: Catat Moms! Ini Cara Meredakan Hidung Tersumbat pada Balita

5. Mencegah kerusakan hati

Manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh yang terakhri adalah mencegah kerusakan hati. 

Kerusakan hati paling sering disebabkan oleh kebiasan buruk, seperti konsumsi minuman beralkohol dalam jangka panjang.

Penelitian yang dilakukan oleh Shandong University, Cina, menunjukkan bahwa kandungan diallyl disulfide (DADS) dalam bawang putih dapat membantu melindungi hati dengan melawan stres oksidatif yang disebabkan oleh etanol. 

Alasannya, berdasarkan penelitian yang dimuat di jurnal Food and Chemical Toxicology, proses pemanasan dapat mengurangi efek antiperadangan pada bawang putih. 

Meski begitu, bawang putih tidak dapat menggantikan peran obat secara utuh. Jika ingin merasakan manfaat bawang putih untuk kesehatan, cobalah untuk mengonsumsinya secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News