HOME, Keluarga

Kenali Kelebihan Lantai Vinyl untuk Hunian Anda, Apa Saja?

Kenali Kelebihan Lantai Vinyl untuk Hunian Anda, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Ketika akan membangun rumah atau hunian, Anda akan dihadapkan dengan pilihan material yang beragam untuk setiap bagian rumah, misalnya lantai.

Lantai sendiri merupakan bagian rumah yang menawarkan banyak pilihan bahan atau material, mulai dari keramik, kayu, marmer, hingga granit.

Nah, di antara material lantai yang populer tersebut, ada satu material yang cukup banyak diminati, yaitu vinyl. Dibandingkan dengan material lainnya, vinyl memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya pantas untuk dilirik sebagai pilihan material lantai hunian.

Berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui soal lantai vinyl.

Baca Juga: Lantai Parket vs Lantai Vinyl, Pilih Mana? Berikut Perbandingannya

Apa itu lantai vinyl?

Dilansir dari Wayfair, lantai vinyl adalah jenis lantai yang terbuat dari bahan sintetis bernama polyvinyl chloride atau PVC.

Lantai ini dibuat dengan cara memanaskan potongan-potongan PVC, lalu ditekan menjadi lembaran-lembaran panjang yang siap dipasang pada lantai hunian Anda.

Karena terbuat dari bahan sintetis, lantai vinyl bisa dibentuk sehingga permukaannya tampak seperti lantai kayu, keramik, atau batu. Jadi, lantai vinyl bisa menjadi alternatif lantai kayu atau keramik dengan harga yang lebih terjangkau.

Jenis lantai vinyl

Berdasarkan bentuk dan cara pemasangannya, lantai vinyl terbagi menjadi dua jenis, yaitu tipe panel dan tipe lembaran.

Dikutip dari Floor Experts, lantai vinyl tipe panel cenderung cocok untuk Anda yang menginginkan tampilan lantai yang menyerupai lantai keramik atau lantai kayu. Tipe ini juga cocok untuk ruangan atau area yang banyak dilalui penghuni rumah.

Sementara itu, jika Anda menginginkan pemasangan lantai vinyl yang lebih simpel, maka tipe lembaran lebih cocok digunakan. Seperti namanya, tipe ini hadir dalam bentuk lembaran atau gulungan tipis yang fleksibel dan bisa ditempelkan dengan mudah pada lantai.

Baca Juga: Mau Membangun Rumah Tumbuh? Simak Dulu Tipsnya di Sini

Kelebihan lantai vinyl

Seperti yang sudah disebutkan di atas, lantai vinyl memiliki beberapa kelebihan atau keunggulan yang membuatnya pantas dipertimbangkan sebagai pilihan material lantai hunian.

Berikut beberapa kelebihan dari lantai vinyl:

  • Permukaannya lebih empuk, sehingga dapat meredam suara dan benturan. Anda pun akan lebih nyaman saat berjalan di atas lantai vinyl, serta tidak perlu khawatir akan benturan yang terlalu keras jika tidak sengaja terjatuh di atas lantai.
  • Tahan terhadap cairan dan kelembapan, sehingga tumpahan cairan atau noda bisa dibersihkan dengan mudah.
  • Tahan terhadap benturan, sehingga tidak mudah rusak. Beberapa jenis lantai vinyl juga dilengkapi dengan pelapis yang mencegah goresan di permukaannya.
  • Mudah dipasang dan dirawat, sehingga dapat menghemat waktu Anda saat membangun rumah dan memudahkan Anda dalam menjaga kualitas lantai hunian.
  • Harganya cenderung lebih murah, sehingga dapat menjadi alternatif yang lebih terjangkau dibandingkan dengan lantai kayu asli atau lantai keramik.
  • Punya banyak pilihan warna dan desain, sehingga Anda bisa memilih tampilan lantai seperti apa yang cocok dengan rumah Anda.

Nah, itulah hal-hal yang perlu Anda ketahui soal lantai vinyl. Bagaimana, tertarik menggunakan material lantai ini pada hunian Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News