Kenali Kandungan Gizi dan Manfaat Edamame untuk Tubuh

Reporter: Helvana Yulian
Kamis, 09 Desember 2021 | 10:24 WIB
Kenali Kandungan Gizi dan Manfaat Edamame untuk Tubuh

ILUSTRASI. Kenali Kandungan Gizi dan Manfaat Edamame untuk Tubuh

MOMSMONEY.ID - Edamame adalah camilan tradisional dari Jepang yang kini terkenal di seluruh dunia. Selain dikenal nikmat, edamame memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan tubuh. 

Dilansir dari Food Data Central U.S. Department of Agriculture, edamame mengandung energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, gula, kalsium, besi, kalium, serta sodium.

Lengkapnya nutrisi tersebut membuat edamame menjadi satu-satunya jenis sayuran yang memiliki kandungan nutrisi lengkap di dalamnya.

Dilansir dari Mayo Clinic, karena kandungan gizinya yang tinggi, edamame memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan sebagai berikut.

Baca Juga: Orang Tua Wajib Tahu! Ini Gejala Kanker Serviks pada Remaja

1. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Suatu penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kedelai sebanyak sekitar 50 gram per hari dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Oleh karena itu, konsumsi kedelai edamame secara rutin mampu mengurangi risiko penyakit jantung. 

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat edamame yang pertama adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat yang satu ini dapat dirasakan karena kandungan vitamin dan antioksidan tinggi dalam edamame.

Jika rutin mengonsumsinya, Anda mungkin saja terhindar dari berbagai penyakit dan infeksi berbahaya.

3. Mengurangi risiko sejumlah penyakit

Edamame mengandung isoflavon, yaitu suatu antioksidan yang bermanfaat dalam melindungi tubuh dari berbagai penyakit, seperti osteoporosis, kanker, hipertensi, dan penyakit jantung.

Selain itu, kedelai edamame juga baik untuk menjaga kestabilan gula darah, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Baca Juga: Anda Ambeien? Coba Lakukan Pengobatan Alami yang Bisa Dicoba di Rumah Berikut Ini

4. Meningkatkan kinerja organ jantung

Manfaat edamame selanjutnya adalah meningkatkan kinerja organ jantung. Jika jantung dapat bekerja sebagaimana mestinya, Anda akan terhindar dari berbagai risiko penyakit jantung hingga tekanan darah tinggi.

Manfaat tersebut dapat dirasakan karena antioksidan dalam edamame.

5. Meredakan gejala menopause

Kandungan antioksidan isoflavon dan fitoestrogen pada kedelai edamame juga bermanfaat untuk meredakan gejala hot flashes atau munculnya sensasi panas di sekitar wajah, leher, dan dada pada wanita di masa menopause.

Anda juga dapat mengonsumsi kedelai edamame yang sudah diolah atau difermentasi, misalnya dalam bentuk tempe, tahu, saus, atau sup. Keunggulan kacang kedelai yang sudah diolah adalah lebih mudah dicerna. 

Sedangkan kacang kedelai yang telah difermentasi, mampu meningkatkan jumlah bakteri yang baik dalam pencernaan.VNamun perlu diketahui, mengonsumsi kedelai edamame dapat membuat perut kembung dan mudah buang angin.

Untuk menghindarinya, cobalah memasak kedelai edamame lebih lama, hingga benar-benar matang. Selain itu, Anda juga perlu berhati-hati karena edamame bisa menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang.

Selanjutnya: Perdana melantai di bursa, saham Indo Pureco Pratama (IPPE) menguat 35%

Editor: Helvana Yulian
Terbaru