Bugar

Kenali Jenis-Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Kenali Jenis-Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Anda harus tahu jenis-jenis jerawat dan cara mengatasinya dengan benar.  

Perlunya memahami jenis-jenis jerawat agar Anda bisa mengambil langkah yang tepat untuk mengatasinya. Melansir dari natur-e.co.id, berikut jenis-jenis jerawat dan cara mengatasinya: 

1. Whitehead dan Blackhead

Jenis jerawat yang sering dialami banyak orang adalah whitehead dan blackhead. Jenis jerawat ini muncul ketika pori-pori tersumbat oleh minyak berlebih, bakteri, dan sel kulit mati.

Jika pori-pori menutup, Anda akan melihat benjolan kecil yang terlihat putih atau berwarna kulit. Jenis jerawat ini disebut whiteheads.

Berbeda dengan blackheads, jenis jerawat ini berwarna hitam. Blackheads muncul ketika pori-pori terisi dengan kotoran tetapi tetap terbuka.

Umumnya, disebut juga dengan komedo. Bintik-bintik hitam yang muncul bukanlah kotoran, jadi hindari untuk menggosoknya. Itu hanya akan memperburuk jerawat Anda. 

Menurut American Academy of Dermatology Association, ada beberapa cara untuk mengatasi whiteheads dan blackheads ini.

Untuk membuka pori-pori, dokter kulit akan merekomendasikan penggunaan retinoid atau benzoil peroksida. Ini dapat membantu menyingkirkan bakteri P. acnes berlebih pada kulit Anda. 

Sedangkan untuk whitehead atau blackheads yang membandel, prosedur seperti ekstraksi komedo akan dapat membantu. Anda perlu mengunjungi klinik kecantikan untuk mendapatkan bantuan dokter kulit membersihkan wajah dari jenis jerawat ini. 

Baca Juga: 6 Cara untuk Membantu Mengatasi Keterlambatan Bicara pada Anak

2. Papula

Jenis jerawat selanjutnya yaitu papula. Jenis jerawat ini muncul akibat kelebihan sebum, bakteri dan sel kulit mati yang terdorong lebih dalam ke kulit.

Memicu radang yang merah dan bengkak, jerawat ini tampak seperti benjolan kecil berwarna merah.

American Academy of Dermatology Association merekomendasikan untuk mencuci wajah dua kali sehari, dengan pembersih wajah yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat.

Untuk kulit yang menderita lebih banyak papula, segera temui dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

3. Pustula

Jenis jerawat berikutnya adalah pustula. Mirip dengan papula, bedanya jerawat ini memiliki bagian tengah berwarna kuning atau putih.

Anda tentu sangat ingin memencetnya, sebaiknya hindari melakukannya karena bisa memicu iritasi dan memperburuk kulit berjerawat.

Cara mengatasinya yaitu mencuci wajah dengan produk skincare yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat.

Jika belum ada perubahan yang memuaskan dalam 6-8 minggu, segera konsultasi dengan dokter kulit.

4. Kistik

Terakhir, jenis jerawat kistik yang dianggap paling sulit dihilangkan. Hal ini dikarenakan kistik bisa menembus jauh ke dalam kulit dan sering menyebabkan bekas jerawat permanen saat sembuh.

Cara mengatasi jerawat kistik ini dengan segera minta bantuan ke dokter kulit untuk mengobatinya. Semakin cepat memulai perawatan, semakin sedikit bekas luka yang Anda alami.

Itulah jenis-jenis jerawat dan cara mengatasinya dengan benar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News