HOME, Keluarga

Kenali Jenis-Jenis Hama Penyerang Tanaman Buah

Kenali Jenis-Jenis Hama Penyerang Tanaman Buah

MOMSMONEY.ID - Hama merupakan salah satu penyebab kerusakan pada tanaman. Utamanya menyerang tanaman buah dan sayuran yang bikin tanaman gagal panen. Jika Anda tak ingin terjadi, segera tangani hama agar Anda tak mengalami kerugian.

Dilansir dari Wikipedia.org, hama adalah organisme yang dianggap merugikan dan tak diinginkan dalam kegiatan sehari-hari manusia. Hama pada tanaman biasanya berupa serangga, nematoda, atau gastropoda yang bisa datang dari mana saja.

Baca Juga: Serangan Hama Ulat pada Tanaman Sayuran dan Cara Mengatasinya

Untuk mengatasinya, lebih dulu Anda perlu mengenal apa saja jenis hama tanaman. Berikut daftar jenis-jenis hama tanaman yang akan membantu Anda mengidentifikasinya.

Kutu Putih

Kutu putih sering ditemukan pada tanaman-tanaman berdaun. Kutu ini berbentuk kecil dan berwarna putih yang banyak ditemukan di dataran rendah. Mereka biasanya hidup bergerombol menyerang batang, daun, ketiak daun, bagian bawah daun, dan pucuk daun. Kutu putih hidup dengan cara mengisap cairan daun yang menyebabkan daun menjadi kisut. Mereka juga mengeluarkan cairan ke permukaan daun yang lama-kelamaan akan menghitam.

Hama Wereng

Wereng merupakan sejenis serangga kepik yang menyerang bagian daun dan batang tanaman. Akibatnya, tanaman akan mengalami daun menguning, kering, layu, dan mati. Ada berbagai macam wereng, seperti wereng hijau. wereng cokelat, dan wereng punggung putih. Wereng biasanya menyerang pertanian padi.

Walang Sangit

Selain wereng, walang sangit juga dapat menyerang pertanian padi. Mereka merusak tanaman dengan meletakkan telur di atas daun tanaman padi. Walang sangit betina bisa menghasilkan 100-200 butir telur. Telur yang menetas akan menjadi nimfa berwarna hijau dan mengisap cairan dari tanaman yang dihinggapinya. Akibatnya, buah padi menjadi hampa dan gagal panen.

Baca Juga: Ternyata Ampas Kopi Dapat Dimanfaatkan Jadi Pupuk Tanaman, Loh!

Tungau Laba-Laba

Dilansir dari Thespruce, tungau laba-laba yang parah dapat menyebabkan daun mengering dan mati. Sebab, mereka menyerap unsur hara pada tanaman yang menyebabkan tanaman menjadi kekurangan nutrisi. Hama ini cukup sulit disingkirkan karena kebal terhadap insektisida. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan akarisida untuk membunuhnya.

Hama Ulat

Hama ulat merusak tanaman sayuran karena mereka memakan dedaunan. Dedaunan yang dimakan ulat akan menjadi berlubang, tidak segar, dan layu karena proses fotosintesisnya terganggu. Pada tingkat yang parah, ulat akan memakan habis seluruh daun dan hanya menyisakan tulang-tulang daun. Ada juga ulat buah yang memakan buah-buahan. Hama ulat biasanya menyerang dan aktif di malam hari.

Lalat Buah

Saat musim hujan tanaman yang harusnya berbuah rentan dihinggapi lalat buah. Lalat buah betina dengan ovipositornya akan menusuk daging buah untuk meletakkan telurnya. Pada waktu menetas, anak lalat yang berupa belatung dapat memakan daging buah. Inilah yang menyebabkan buah menjadi jelek dan busuk sebelum dipanen.

Selanjutnya: Kenali 5 Masalah yang Kerap Menyerang Bibit Tanaman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News