Bugar

Kenali Gejala Penyakit Saraf, Mulai Tremor Sampai Kedutan

Kenali Gejala Penyakit Saraf, Mulai Tremor Sampai Kedutan

MOMSMONEY.ID - Penyakit saraf adalah semua gangguan yang terjadi pada sistem saraf tubuh, meliputi otak dan sumsum tulang belakang, serta saraf yang menghubungkan sistem saraf pusat dengan seluruh organ tubuh.

Ada berbagai jenis penyakit saraf yang bisa dialami seseorang, tergantung pada usia dan faktor pemicunya yang dialami.

Penyakit saraf masih menjadi salah satu penyebab disabilitas dan kematian yang paling umum di dunia. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengenal penyakit ini sejak dini.

Baca Juga: Luar Biasa! Ini 5 Manfaat Bayam untuk Tubuh yang Perlu Anda ketahui

Dilansir dari Healthline, beberapa gejala yang dapat Anda kenali terkait penyakit saraf, antara lain:

Berkeringat terlalu banyak

Gejala penyakit saraf bisa ditandai dengan keringat yang terlalu banyak. Kondisi ini bisa saja menandai gejala penyakit saraf otonom.

Contohnya, bila tubuh mengeluarkan keringat berlebih saat cuaca sedang dingin atau sebaliknya, mengeluarkan keringat yang terlalu sedikit padahal cuaca sedang panas. 

Hilangnya keseimbangan

Hilangnya keseimbangan juga bisa menjadi gejala penyakit saraf lainnya. Pernah merasa akan terjatuh atau tersandung tiba-tiba tanpa sebab yang jelas?

Nah, bisa saja kondisi ini menandai gangguan saraf tepi. Gangguan saraf ini yang bisa menyebabkan gangguan persepsi, gangguan serebelum, dan gangguan saraf kranial VIII.

Baca Juga: Apa Itu Capsaicin? Kenali Senyawa Pedas pada Cabai yang Bermanfaat untuk Tubuh

Kebas atau mati rasa

Kebas, kesemutan, mati rasa, atau rasa terbakar juga bisa menjadi gejala penyakit saraf. Keluhan yang muncul sesaat dan berlangsung sementara bukan masalah yang perlu dikhawatirkan.

Namun, lain ceritanya bila keluhan ini terjadi berulang kali dan dalam waktu yang lama. Sebaiknya, segeralah temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Tremor

tremor sudah tidak asing lagi untuk kita. Gerakan ini terjadi seperti gemetar yang berulang tanpa disengaja. Pada kebanyakan kasus, tremor biasanya terjadi di tangan dan kepala.

Namun, sebagian kasus lainnya bisa terjadi pada tubuh bagian lain. Contohnya kaki, perut, atau suara bisa ikut bergemetar. 

Umumnya tremor terjadi karena gangguan pada bagian otak yang berperan dalam mengatur pergerakan otot.

Penyakit saraf merupakan penyakit yang cukup berbahaya yang bisa memengaruhi kualitas hidup penderitanya, bahkan bisa mengancam nyawa.

Jadi, bila Anda mengalami gejalanya atau berisiko tinggi terkena penyakit saraf, berkonsultasilah dengan dokter untuk menjalani pemeriksaan dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News