HOME, Bugar

Kenali Gejala Muntaber dan Cara Mengobatinya

Kenali Gejala Muntaber dan Cara Mengobatinya

MOMSMONEY.ID - Muntaber atau flu perut adalah peradangan pada saluran pencernaan, khususnya lambung, usus besar, dan usus kecil. Gangguan pencernaan ini memicu gejala diare, seperti kram perut dan mual, dikutip dari Healthline.

Muntaber terjadi akibat peradangan pada saluran cerna, sehingga terjadi muntah serta diare. Penyakit muntaber pada anak perlu diwaspadai karena anak-anak yang terserang penyakit ini rentan mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, orang tua perlu mengenali gejala-gejala muntaber dan cara menanganinya. Berikut gejala muntaber yang harus Anda perhatikan. 

Baca Juga: 5 Manfaat Yogurt untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

1. Sering haus

Seseorang cenderung akan lebih mudah haus saat muntaber karena tubuh kehilangan banyak cairan dan elektrolit akibat terus muntah atau buang-buang air. 

2. Muntah 

Muntah adalah gejala muntaber yang paling khas. Anda rentan mengalami mual dan muntah-muntah ketika kuman mulai menginfeksi dinding lambung dan lapisan usus. 

3. Kurang nafsu makan 

Salah satu gejala muntaber yang juga harus diwaspadai yaitu menurunnya nafsu makan.  

4. Sakit kepala 

Sakit kepala sering hadir beriringan dengan demam saat gejala muntaber menyerang. Dalam banyak kasus, ciri atau gejala muntaber ini juga menandakan bahwa tubuh sedang melawan infeksi yang serius. 

5. Feses cair saat BAB 

BAB yang lebih dari dua kali dalam satu jam dengan tekstur feses cair juga termasuk ciri atau gejala muntaber yang khas. 

Baca Juga: Kenali Beragam Makanan untuk Meredakan Flu

Untungnya, pengobatan muntaber bisa dilakukan secara sederhana. Meski begitu, beberapa orang mungkin memerlukan perawatan dari dokter. Berikut sejumlah cara mengobati muntaber yang bisa dilakukan di rumah. 

1. Minum air putih yang banyak 

Salah satu cara mengatasi muntaber adalah minum air yang banyak. Dengan meningkatkan asupan cairan, Anda membantu mengembalikan air dan mineral yang diperlukan oleh tubuh.  

2. Makan karbohidrat 

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah konsumsi makanan berkarbohidrat tinggi yang mudah dicerna. Berikut ini sejumlah pilihan sumber karbohidrat yang baik saat mengalami diare yang disertai dengan muntah. 

3. Istirahat yang cukup  

Istirahat menjadi kunci utama dari pengobatan muntaber. Pada saat Anda beristirahat, tubuh akan bekerja melawan infeksi dan memperbaiki kerusakan pada tingkat sel kekebalan tubuh.  

4. Minum oralit 

Faktanya, pengobatan gastroenteritis tidak jauh berbeda dengan diare karena gejalanya yang mirip. Anda juga bisa membuat larutan oralit untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang, baik membuat oralit sendiri atau membeli di apotek.  

Cara mengobati muntaber memang cukup sederhana dan bisa dilaksanakan di rumah. Meski begitu, perawatan rumahan terkadang tidak cukup ampuh dalam mengatasi muntaber. 

Oleh sebab itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter ketika mengalami gejala flu perut. Hal ini bertujuan untuk mengetahui penyebab muntaber sekaligus pengobatan yang tepat.

Selanjutnya: 5 Makanan Ini Harus Dihindari Saat Diare Agar Tidak Makin Parah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News