Bugar

Kenali Gejala Kolesterol di Usia Muda, Ini Cara Menurunkan Secara Alami

Kenali Gejala Kolesterol di Usia Muda, Ini Cara Menurunkan Secara Alami

MOMSMONEY.ID - Kenali gejala kolesterol di usia muda dan cara menurunkan kolesterol secara alami.

Kadar kolesterol tinggi yang tidak terkendali dapat menyebabkan munculnya penyakit berbahaya, seperti stroke, serangan jantung, dan penyakit arteri perifer (PAD).

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui tanda-tanda kolesterol tinggi agar terhindar dari penyakit-penyakit tersebut.

Sebenarnya, kolesterol tidak selamanya buruk, karena sejatinya tubuh memerlukan zat tersebut untuk mendukung proses metabolisme, membangun sel-sel baru, membantu produksi vitamin D, dan membentuk hormon.

Memang tidak ada keluhan khusus yang dapat menggambarkan tingginya kadar kolesterol dengan pasti.  

Baca Juga: Apa Itu Sindrom Tangan Alien? Kenali Gejala dan Cara Mengatasi Sindrom Tangan Alien

Meski begitu, dilansir dari Healthline, ada beberapa gejala kolesterol di usia muda yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Disfungsi ereksi

Gejala kolesterol di usia muda yang pertama adalah disfungsi ereksi. Penumpukan kolesterol bisa terjadi jika kadar kolesterol di dalam tubuh Anda tinggi. 

Penumpukan ini bisa menjadi salah satu penyebab dari disfungsi ereksi. Pasalnya, penumpukan kolesterol menciptakan plak di pembuluh darah arteri dan menghalangi aliran darah. 

2. Nyeri di bagian tengkuk

Gejala kolesterol di usia muda yang kedua adalah nyeri di bagian tengkuk. Nyatanya keluhan ini cukup sering dialami oleh orang yang mengalami kolesterol tinggi.

Hal ini dikaitkan dengan penumpukan plak di pembuluh darah pada area leher. Penumpukan plak ini dapat menghalangi aliran darah yang ada di leher dan menuju ke otak.

3. Rasa sakit pada rahang

Gejala kolesterol di usia muda yang ketiga adalah rasa sakit pada rahang. Menurut American Heart Association, hal ini merupakan gejala serangan jantung yang terjadi akibat kolesterol naik. 

Selain gejala serangan jantung, rasa sakit pada rahang juga bisa menjadi gejala dari penyakit jantung koroner, salah satu kondisi yang muncul akibat tingginya kadar kolesterol dalam darah.  

Baca Juga: Sering Mengantuk Saat Bekerja? Ini 5 Cara Ampuh Menghilangkan Ngantuk

4. Mudah merasa lelah dan nyeri di kaki

Gejala kolesterol di usia muda yang keempat adalah mudah merasa lelah dan nyeri di kaki. Hal ini sering membuat penderita kolesterol tinggi menjadi lebih mudah merasa lelah.

Plak di pembuluh darah yang muncul sebagai dampak dari tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat menyebabkan berkurangnya aliran darah ke jaringan tubuh.

Selain itu, jika penumpukan plak ini terjadi pada pembuluh darah di kaki, maka area kaki penderita dapat terasa berat, nyeri, bahkan terasa perih seperti terbakar.

5. Gangguan pencernaan

Gejala kolesterol di usia muda yang lainnya adalah gangguan pencernaan. Selain memicu rasa nyeri, kolesterol tinggi juga bisa mengacaukan sistem pencernaan. 

Tingginya kadar kolesterol dapat menciptakan ketidakseimbangan empedu, dan pada akhirnya menyebabkan munculnya batu empedu. 

6. Nyeri di bagian dada

Saat kadar kolesterol terlalu tinggi, penumpukan plak juga bisa terjadi di pembuluh darah jantung. Hal ini bisa mengganggu bahkan menghambat aliran darah menuju jantung.

Salah satu keluhan yang umumnya muncul akibat hal tersebut adalah nyeri di bagian dada. Bahkan jika sumbatannya total, hal ini bisa menyebabkan terjadinya serangan jantung.

7. Sakit kepala

Gejala kolesterol di usia muda yang selanjutnya adalah sakit kepala. Hal ini muncul sebagai tanda kolesterol naik adalah rasa sakit di kepala bagian belakang.  

Sakit kepala yang muncul bisa sangat mengganggu dan terasa berat, namun akan membaik setelah serangan kolesterol tinggi mereda. 

8. Kaki dan tangan mudah kesemutan

Tanda Anda mengidap kolesterol tinggi yang pertama adalah kaki dan tangan mudah kesemutan. Gejala ini timbul akibat kolesterol tinggi. 

Bahkan, terkadang kaki ini juga mengalami rasa nyeri, ngilu, atau kondisi yang tidak nyaman ketika digunakan berjalan atau digerakkan sekalipun.   

Kadar kolesterol yang berlebih dapat menyebabkan pembuluh darah arteri yang menyuplai darah ke area kaki Anda menyempit.  

Baca Juga: Cara Mencegah Asam Urat, Tidak Mengonsumsi 5 Buah Pantangan Asam Urat

Mencoba cara menurunkan kolesterol secara alami bisa menjadi pilihan tepat sebelum mengonsumsi obat penurun kolesterol.

Selain tidak menimbulkan efek samping, berbagai cara alami tersebut juga lebih bermanfaat terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Kolesterol sebenarnya bisa diturunkan melalui konsumsi obat kolesterol alami maupun yang diresepkan oleh dokter.

Namun, dokter umumnya akan menyarankan Anda untuk mencoba cara alami lebih dulu dibandingkan dengan langsung mengonsumsi obat.

Selain terbukti efektif, cara menurunkan kolesterol secara alami juga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. 

Melansir dari Health Focus, berikut adalah beberapa cara menurunkan kolesterol secara alami yang bisa Anda coba, antara lain: 

1. Konsumsi makanan yang mengandung lemak sehat

Cara menurunkan kolesterol secara alami yang pertama adalah mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat. 

Guna memenuhi kebutuhan lemak, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat, seperti telur atau alpukat.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 seperti ikan salmon, sarden, dan makarel.

Beragam makanan tersebut diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

2. Konsumsi makanan yang kaya omega-3

Cara menurunkan kolesterol secara alami yang kedua adalah mengonsumsi makanan yang kaya omega-3. 

Makanan dengan kandungan tinggi omega-3 merupakan jenis makanan yang disarankan bagi pengidap kolesterol tinggi.

Pasalnya, makanan kaya omega-3 dapat membantu turunkan kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Beberapa pilihan makanan kaya omega-3 yang disarankan adalah ikan salmon, makerel, tuna, sarden, kacang kenari, dan biji chia.

3. Perbanyak asupan makanan berserat

Konsumsi makanan berserat juga dapat menurunkan kolesterol secara alami. Serat dapat mengikat lemak, sehingga mampu mengurangi penyerapan kolesterol di dalam usus.

Dengan begitu, kolesterol darah pun berkurang. Untuk memenuhi kebutuhan serat ini, Anda dapat mengonsumsi makanan seperti gandum, buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayuran.

4. Mengontrol berat badan

Cara menurunkan kolesterol secara alami yang keempat adalah mengontrol berat badan. Menjaga berat badan ideal juga merupakan kunci untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Sebab, orang dengan berat badan berlebih rentan mengalami peningkatan kolesterol dalam tubuh. Oleh karena itu, terapkan diet sehat untuk menurunkan dan menjaga berat badan ideal.

5. Olahraga teratur

Selain menjaga berat badan dengan menjalani diet sehat, penting juga untuk berolahraga teratur setiap harinya.

Hal ini tak hanya membuat tubuh menjadi bugar, tetapi juga membantu penurunan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh.

Baca Juga: Daftar Buah yang Bisa Menurunkan Kolesterol, mulai Apel hingga Kiwi

6. Batasi makanan yang mengandung lemak jahat

Untuk menurunkan kolesterol secara alami, sebaiknya hindari konsumsi makanan yang mengandung lemak jahat, yaitu lemak jenuh dan lemak trans.

Ini karena kedua jenis lemak ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Beberapa jenis makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans meliputi makanan cepat saji, gorengan, makanan manis, dan roti-rotian yang dipanggang.

7. Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Cara menurunkan kolesterol secara alami yang selanjutnya adalah perbanyak konsumsi sayur dan buah. 

Memperbanyak konsumsi sayur dan buah adalah salah satu cara terbaik untuk mempercepat penurunan kadar kolesterol dalam tubuh.

Kandungan serat dalam sayur dan buah bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL). Jumlah konsumsi sayur dan buah yang disarankan untuk menurunkan kolesterol adalah sekitar 500 gram setiap harinya.

8. Mengonsumsi suplemen

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa suplemen minyak ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 dipercaya mampu menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Kolesterol memiliki fungsi penting dalam tubuh, tetapi kolesterol juga bisa menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah dan penyakit jantung saat kadarnya tidak terkontrol.

Oleh karena itu, kadar kolesterol darah perlu dikendalikan dengan gaya hidup sehat supaya tetap dalam batas yang normal.

Bila Anda telah menerapkan berbagai cara menurunkan kolesterol secara alami tetapi kadar kolesterol tidak kunjung turun, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Itulah gejala kolesterol di usia muda dan cara menurunkan kolesterol secara alami yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News