Bugar

Kenali Gejala dan Penyebab Penyakit Anemia. Simak Penjelasannya di Sini!

Kenali Gejala dan Penyebab Penyakit Anemia. Simak Penjelasannya di Sini!

MOMSMONEY.ID - Kurang darah atau anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat atau ketika sel darah merah tidak berfungsi dengan baik.

Akibatnya, organ tubuh tidak mendapat cukup oksigen, sehingga membuat penderita anemia pucat dan mudah lelah, dilansir dari Web MD. 

Sel darah merah yang sehat bertahan sekitar 90-120 hari. Pada sel darah merah, terdapat hemoglobin yang merupakan protein pembawa oksigen di dalam sel darah merah.

Hemoglobin memberi warna pada sel darah merah. Namun, pada penderita anemia, sel darah merah tidak memiliki hemoglobin yang cukup.

Anemia memiliki tiga penyebab utama, yaitu kehilangan darah, kurangnya produksi sel darah merah, dan tingkat kerusakan sel darah merah yang tinggi.  

Baca Juga: Jangan Disepelekan, Ini Dampak Buruk Terlalu Sering Menahan Kentut

Namun, dilansir dari Health Focus, terdapat penyebab umum lain yang menjadi kemungkinan penyebab anemia seperti berikut ini.  

Gangguan pencernaan 

Memiliki gangguan atau penyakit yang memengaruhi proses pencernaan dan penyerapan nutrisi dapat menjadi salah satu penyebab anemia, seperti penyakit Celiac.  

Penyakit ini menyebabkan kerusakan pada usus kecil yang berfungsi menyerap gizi dari makanan untuk disalurkan ke seluruh tubuh.  

Menstruasi

Menstruasi berat atau menorrhagia dapat menjadi penyebab terjadinya anemia pada remaja wanita dan dewasa.

Asupan zat besi tidak hanya digunakan untuk mendukung pertumbuhan, tetapi juga digunakan untuk mengganti zat besinya yang hilang karena keluarnya banyak darah setiap bulannya. 

Kehamilan

Jika ibu hamil tidak bisa mencukupi asupan makanan kaya zat besi, asam folat, atau nutrisi lainnya, sel darah merah yang dihasilkan tubuh akan lebih sedikit dari seharusnya.

Ini adalah penyebab utama munculnya anemia pada ibu hamil. Proses persalinan dan masa nifas juga membuat wanita kehilangan banyak darah, sehingga rentan kena anemia.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu, Ini 5 Dampak Anak yang Sering Makan Mie Instan

Penyakit kronis

Penyakit kronis dapat menjadi salah satu faktor risiko penyebab anemia. Penyakit kronis dapat menyebabkan perubahan pada sistem tubuh untuk memproduksi sel darah merah yang sehat. 

Kondisi ini menyebabkan produksi sel darah merah terhambat, sel darah merah yang lebih cepat mati, atau justru gagal sama sekali.  

Perdarahan

Anemia dapat disebabkan oleh perdarahan berat yang terjadi secara perlahan dalam waktu lama atau terjadi seketika.

Selain itu, anemia karena perdarahan juga bisa merupakan gejala cacingan akibat infeksi cacing tambang yang menghisap darah dari dinding usus.  

Jika memang sudah tidak tertahankan, Anda bisa segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News