Bugar

Kenali Gejala Asam Urat di Usia Muda dan Cara Mencegahnya

Kenali Gejala Asam Urat di Usia Muda dan Cara Mencegahnya

MOMSMONEY.ID - Kenali gejala asam urat di usia muda dan cara mencegahnya. 

Penyakit asam urat di usia muda merupakan kondisi yang bisa menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta ada rasa panas di area persendian.

Semua sendi di tubuh berisiko terkena asam urat, tetapi sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Umumnya, penyakit asam urat lebih mudah menyerang pria yang berusia di atas 30 tahun. Pada wanita, penyakit asam urat ini dapat muncul setelah terkena menopause.

Namun, saat ini asam urat di usia muda justru semakin banyak terjadi karena pola hidup yang kurang sehat.

Rasa sakit yang dialami pengidap asam urat biasanya berlangsung selama rentang waktu 3-10 hari, dengan perkembangan gejala yang begitu cepat dalam beberapa jam pertama.

Sering kali orang salah kaprah dan menyamakan penyakit asam urat dengan rematik. Padahal, rematik adalah istilah yang menggambarkan rasa sakit pada persendian.

Baca Juga: Apa Manfaat Kacang Panjang untuk Asam Urat? Ini 5 Makanan Bisa Menurunkan Asam Urat

Dilansir dari Bones Health, ada beberapa gejala penyakit asam urat yang umum terjadi, di antaranya:

1. Sendi mendadak terasa sangat sakit.

2. Kesulitan untuk berjalan akibat sakit yang mengganggu, khususnya di malam hari.

3. Nyeri akan berkembang dengan cepat dalam beberapa jam dan disertai nyeri hebat, pembengkakan, rasa panas, serta muncul warna kemerahan pada kulit sendi.

4. Saat gejala mereda dan bengkak pun mengempis, kulit di sekitar sendi yang terkena akan tampak bersisik, terkelupas dan terasa gatal.

5. Meski gejala penyakit ini bisa mereda dengan sendirinya, harus tetap dilakukan pengobatan untuk mencegah risiko kambuh dengan tingkat gejala yang meningkat.

Melansir juga dari Healthline, terdapat beberapa faktor yang dapat memicu peningkatan kadar asam urat dalam darah seseorang, antara lain:

1. Memiliki keluarga yang mengidap asam urat.

2. Baru saja mengalami cedera atau pembedahan.

3. Sering mengonsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi, seperti daging merah, jeroan hewan, dan beberapa jenis hidangan laut (misalnya teri, sarden, kerang, atau tuna).

4. Sering mengonsumsi minuman beralkohol dan minuman tinggi gula.

5. Memiliki kondisi medis tertentu misalnya diabetes, penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit tiroid, kolesterol tinggi, leukemia, anemia, sleep apnea, hipertensi, dan obesitas.

Meski penyakit asam urat ini dapat menjadi penyakit kronis, kondisi ini bisa disembuhkan dan dicegah agar tidak kambuh. 

Baca Juga: Tanda-Tanda Gejala Asam Urat pada Kaki dan Cara Pencegahannya

Dirangkum dari Healthline dan Health Focus inilah beberapa cara mencegah asam urat di usia muda yang bisa Anda lakukan, antara lain: 

1. Membatasi makanan yang mengandung purin

Cara mencegah asam urat di usia muda yang pertama adalah mulai membatasi makanan yang mengandung purin. Kadar purin yang berlebih adalah penyebab asam urat.

Anda bisa menukar makanan yang kaya purin dalam daging atau sayur dengan makanan rendah purin atau yang kadar purinnya sedikit.

Beberapa makanan kaya purin antara lain sapi, kambing, ayam, kerang, kepiting, udang, lobster, kembang kol, bayam, kacang-kacangan dan jamur.

Sementara makanan yang disarankan untuk pengidap asam urat antara lain telur, roti, buah-buahan, cokelat, sereal, dan masih banyak lagi.

2. Minum banyak air 

Cara mencegah asam urat di usia muda yang kedua adalah minum banyak air putih. Anda dapat minum delapan hingga 12 gelas sehari.

Selain itu, Anda wajib mengurangi konsumsi air alkali dan air berbaking soda, karena dua jenis minuman ini mengandung banyak garam yang berbahaya bagi pengidap asam urat.

3. Rajin konsumsi ceri, seledri, dan stroberi

Cara mencegah asam urat di usia muda adalah rajin mengonsumsi ceri, seledri dan stroberi. Tiga jenis makanan ini disinyalir mengandung komponen yang efektif memerangi asam urat.

Ketiganya mengandung antioksidan lengkap dan senyawa lain seperti asam fenolik dan quercetin khususnya dalam seledri yang melindungi persendian dari peradangan.

Selain itu, biji seledri memiliki potensi untuk mengurangi penumpukan asam urat. 

4. Menghentikan konsumsi minuman beralkohol

Cara mencegah asam urat di usia muda yang selanjutnya adalah menghentikan konsumsi minuman beralkohol. Alkohol dan makanan tinggi gula lainnya bisa menjadi penyebab asam urat.

Nah, agar gejala tidak kambuh, menghindari dua hal ini sangat penting. Sebaliknya, konsumsi air putih atau serta makan buah-buahan yang segar tanpa tambahan gula.

5. Menurunkan berat badan

Cara mencegah asam urat di usia muda yang kelima adalah menurunkan berat badan. Apabila Anda termasuk kelebihan berat, sebaiknya turunkan berat badan.

Penurunan berat badan adalah hal penting dalam pencegahan asam urat, meski yang paling sulit untuk dilakukan. Berat badan yang terkontrol mencegah penambahan beban pada persendian.

asam urat

Baca Juga: Cara Mencegah Asam Urat, Tidak Mengonsumsi 5 Buah Pantangan Asam Urat

6. Tidak sembarang mengonsumsi obat

Cara mencegah asam urat di usia muda yang lainnya adalah tidak sembarang mengonsumsi obat. Meski sudah melakukan langkah pencegahan, serangan atau gejala asam urat masih mungkin terjadi.

Bila ini terjadi pada Anda, sebaiknya Anda segera mengonsumsi obat asam urat untuk membantu meredakan nyeri dan mengontrol gejala sehingga mencegah serangan asam urat berikutnya.

Meski beberapa obat dapat dibeli bebas, sebaiknya tidak sembarang mengonsumsinya karena beberapa obat justru dapat meningkatkan kadar asam urat, seperti obat pereda nyeri aspirin.

Agar terhindar dari hal tersebut, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat apapun.

7. Minum susu dan jus jeruk

Cara mencegah asam urat di usia muda yang ketujuh adalah rutin minum susu dan jus jeruk. Susu terbukti mampu menurunkan kadar asam urat.

Jika Anda potensial mengidap asam urat, risikonya dapat diturunkan bila minum segelas susu setiap hari.

Satu gelas susu menurunkan asam urat hingga 0,25 mg/dL, demikian pula dengan jus jeruk, walau susu lebih ampuh mencegah asam urat.

8. Rutin berolahraga

Cara mencegah asam urat di usia muda yang terakhir adalah rutin berolahrga. Menjaga tubuh tetap aktif dengan olahraga menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

Selain itu, berat badan juga lebih ideal sehingga risiko terkena encok di kemudian hari bisa menurun. Pilih olahraga yang sesuai dengan kondisi Anda. 

Jika Anda merasakan gejala asam urat tak kunjung baik, sebaiknya segeralah periksa ke dokter. Penanganan yang cepat dan tepat akan menghindarkan Anda dari berbagai komplikasi serius. 

Itulah gejala asam urat di usia muda dan cara mencegahnya yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News