HOME, Keluarga

Kenali Gangguan Sapartion Anxiety pada Anjing Peliharaan

Kenali Gangguan Sapartion Anxiety pada Anjing Peliharaan

MOMSMONEY.ID - Tanpa Anda sadari, hewan peliharaan Anda mungkin memiliki sisi emosional yang tinggi dan terikat kuat dengan diri Anda sebagai pemiliknya. Jika mereka terikat dengan pemilik, maka akan sangat mudah mereka merasa cemas dan gelisah ketika mengetahui Anda akan meninggalkan mereka sendirian di rumah.

Kecemasan ini akan ditandai dengan melakukan tindakan-tindakan tak normal, misalnya perilaku destruktif, melolong, dan hal lainnya yang tak mengenakan. Ini dapat mengindikasikan bahwa anjing Anda mengalami separation anxiety (kecemasan perpisahan).

Baca Juga: Anda Sedang Flu? Hati-Hati, Flu Pada Manusia Bisa Menulari Kucing Peliharaan

Dilansir dari ASPCA.org, kecemasan perpisahan ini dipicu ketika anjing menjadi marah karena perpisahan dari wali mereka, orang-orang yang melekat padanya. Kecemasan ini seringkali menjadi ekstrem bila tidak ditangani, dapat mengakibatkan cedera diri, perilaku kompulsif, atau serangan panik.

Anjing yang diadopsi paling rentan mengalami kecemasan perpisahan karena di masa lalunya, dia telah merasakan kehilangan orang atau sekelompok orang penting dalam kehidupan masa kanak-kanaknya. Selain itu, beberapa hal pasca adopsi juga akan menimbulkan kecemasan perpisahan. Misalnya, perubahan anggota keluarga, perubahan tempat tinggal, perubahan jadwal kebiasaan, dan hal-hal baru lain yang terjadi secara tiba-tiba.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Apapun yang dilakukan anjing ketika mereka merasa cemas, jangan pernah memberikan koreksi atas perilakunya. Yang mereka butuhkan adalah perhatian dari Anda dan pengertian yang dilakukan dengan cara-cara positif. Dalam mengatasinya, Anda perlu mengetahui seberapa parah kecemasan itu terjadi.

Baca Juga: Tak Usah Bingung, Begini Cara Mudah Merawat Reptil di Rumah

Perawatan Kecemasan Perpisahan Ringan

Salah satu tanda kecemasan ringan biasanya ditandai dengan anjing yang tidak mau makan saat sendirian atau hal-hal ringan lainnya. Dilansir dari Wikihow.com, kecemasan ringan pada anjing peliharaan dapat diselesaikan dengan cara counterconditioning. Ini adalah proses perawatan yang mengubah reaksi ketakutan, kecemasan, atau agresif hewan menjadi reaksi yang menyenangkan dan santai.

Cara melakukannya deengan mengaitkan kehadiran yang tidak dia sukai dengan hal-hal yang baik. Misalnya, ketika Anda akan meninggalkannya sendirian, anjing akan mendapatkan makanan lezat yang disukainya. Anda juga dapat memberikan mainan favoritnya ketika Anda akan pergi. Dengan cara ini, anjing akan memahami bahwa kepergian sementara Anda akan memberikan hal-hal baik untuknya.

Perawatan Kecemasan Perpisahan Sedang Hingga Berat

Kasus kecemasan perpisahan ini memerlukan program desensitisasi dan counterconditioning yang lebih kompleks. Anda perlu memberikan pelatihan secara bertahap agar anjing terbiasa untuk sendirian. Latihan atau terapi ini dapat dimulai dengan pemisahan singkat dengan Anda sebagai pemilik yang tidak menimbulkan kecemasan, lalu bertahap dengan menambahkan durasi pemisahan.

Namun, desensitisasi dan counterconditioning ini umumnya memerlukan bimbingan profesional yang terlatih dan berpengalaman. Anda dapat berkonsultasi kepada pelatih hewan peliharaan untuk membantu anda mengatasi kecemasan perpisahan.

Selanjutnya: 5 Jenis Hewan Peliharaan Ini Paling Setia dan Bersahabat dengan Manusia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News