Bugar

Kenali Faktor Risiko dan Gejala Infeksi Bakteri Salmonella pada Anak

Kenali Faktor Risiko dan Gejala Infeksi Bakteri Salmonella pada Anak

MOMSMONEY.ID - Inilah penjelasan tentang faktor risiko dan gejala infeksi yang disebabkan bakteri salmonella pada anak, yang perlu diketahui orang tua.

Salmonelloa adalah penyakit akibat infeksi bakteri Salmonella pada saluran usus. Penyakit Salmonellosis merupakan penyakit yang umum terjadi. 

Penyakit ini dapat menular melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi bakteri Salmonella. Dan, penyakit ini sangat terkait dengan kondisi higienitas perorangan dan lingkungan. 

Siapa saja bisa terserang bakteri Salmonella, terutama pada daerah endemis seperti di Indonesia ini. 

Baca Juga: Jangan Menunda BAB, Ini 5 Cara Mencegah Penyakit Ambeien Kambuh

Dilansir dari Healthline, beberapa kelompok orang yang lebih rentan terkena salmonellosis di antaranya sebagai berikut: 

1. Usia yang rentan terinfeksi bakteri Salmonella, antara lain bayi, anak-anak berusia kurang dari 5 tahun, atau usia lebih dari 65 tahun. 

2. Sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti orang dengan HIV / AIDS, pasien transplantasi organ, dan orang yang menerima pengobatan kemoterapi dan radiasi. 

3. Memiliki penyakit peradangan usus sebelumnya, sel-sel selaput lendir pada usus yang sudah mengalami kerusakan sebelumnya lebih rentan terinfeksi bakteri Salmonella. 

4. Penggunaan antasida dapat menyebabkan penurunan pH dalam lambung, sehingga bakteri Salmonella dapat lebih mudah bertahan hidup dan menginfeksi usus. 

5. Penggunaan antibiotik minum tanpa indikasi yang tepat dapat menurunkan jumlah bakteri baik dalam usus, sehingga Salmonella dengan mudah menginfeksi usus. 

Bakteri Salmonella terdapat pada makanan dan minuman yang tercemar masuk ke dalam saluran cerna dan menginfeksi usus, sehingga menyebabkan berbagai gejala terkait pencernaan. 

Salmonella juga dapat ditularkan dari satu individu ke individu lain yang terkena penyakit salmonellosis. 

Gejala mulai timbul 8–72 jam setelah bakteri masuk dan menginfeksi usus. Pada umumnya gejala biasanya terjadi selama 4–7 hari.  

Baca Juga: Bisa Mengontrol Gula Darah, Inilah 5 Manfaat Lain Pare yang Baik untuk Ibu Hamil

Dikutip dari Healthline, berikut gejala anak yang terinfeksi bakteri Salmonella antara lain:  

1. Diare 

2. Mual dan muntah 

3. Demam dan menggigil 

4. Keram perut 

5. Sakit kepala 

6. Terdapat darah dalam tinja 

Ketika mengalami gejala-gejala yang disebutkan dan berlangsung selama 4–7 hari, maka dianjurkan untuk segera menemui dokter. 

Sebaiknya jangan melakukan pengobatan sendiri di rumah, diskusikan dengan dokter, karena jika penanganan telat dapat terjadi komplikasi berbahaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News