Bugar

Kenali Dampak Melakukan Veneer untuk Memutihkan Gigi

Kenali Dampak Melakukan Veneer untuk Memutihkan Gigi

MOMSMONEY.ID - Veneer gigi merupakan rangkaian prosedur kecantikan dari dokter gigi yang bisa membuat gigi Anda jadi lebih baik, dari segi warna, bentuk, posisi, ataupun yang gompal.

Menurut penelitian yang diterbitkan di Contemporary Clinical Dentistry, ini adalah cara memutihkan gigi yang banyak diminati karena kecanggihannya.

Selain memberi manfaat pada tampilan gigi yang lebih optimal, tidak bisa dipungkiri bahwa perawatan ini juga memiliki efek samping yang perlu Anda waspadai.

Dilansir dari Women's Health, berikut ini adalah beberapa dampak veneer untuk memutihkan gigi yang perlu diwaspadai, antara lain: 

Baca Juga: Sering Disepelekan, Ini 5 Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Kerusakan Gigi

Warna veneer tidak bisa diperbaiki 

Dampak veneer yang perlu diwaspadai pertama adalah warna veneer tidak bisa diperbaiki setelah dipasang. Warna veneer biasanya bertahan dalam waktu 5-10 tahun setelah pemasangan.

Supaya tidak menyesal, pastikan Anda memasang veneer di dokter gigi yang kredibel. Dengan begitu, hasilnya akan maksimal dan Anda merasa aman dan nyaman saat prosedur veneer.

Gigi menjadi lebih sensitif

Dampak veneer yang perlu diwaspadai kedua adalah membuat gigi menjadi lebih sensitif. Pemasangan veneer mengharuskan dokter mengikis enamel gigi dari permukaan gigi.

Lapisan enamel yang dikikis paksa ini bisa membuat gigi jadi sensitif. Gigi sensitif bisa menyebabkan ngilu saat mengonsumsi makanan dan minuman dingin atau panas.

Pada kasus yang parah, kondisi ini bisa mematikan jaringan gigi. Hal ini karena lapisan enamel gigi terlalu banyak dikikis. 

Veneer gigi bisa pecah

Dampak veneer yang perlu diwaspadai ketiga adalah veneer gigi bisa pecah. Seperti gigi asli, veneer gigi pun bisa pecah kalau Anda tidak berhati-hati.

Misalnya saja akibat mengunyah makanan terlalu keras atau terbentur. Berhati-hatilah saat menggunakan veneer. Hindari makanan dengan tekstur keras atau mengunyah terlalu cepat.

Baca Juga: Wajib Dikonsumsi! 5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Gusi jadi rentan mengalami iritasi

Dampak veneer yang perlu diwaspadai selanjutnya adalah membuat gigi lebih rentan teriritasi. Selain gigi jadi lebih sensitif, veneer bisa membuat gigi juga mudah iritasi daripada sebelumnya.

Iritasi gusi biasanya terjadi pada awal pemasangan. Namun, iritasi pada gusi juga bisa terjadi kalau Anda tidak menjaga kebersihan mulut dengan baik.

Warna gigi asli tidak merata

Dampak veneer yang perlu diwaspadai terakhir adalah warna gigi asli jadi tidak rata. Menurut The Journal of American Dental Association, veneer gigi tergantung pada warna dasar gigi asli.

Sementara itu, warna alami gigi menentukan warna dan jenis veneer yang akan dipasang. Pemasangan veneer pada gigi bisa mengalami perubahan warna atau adanya noda di tepian gigi.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui mengenai dampak veneer gigi. Sebelum menyesal, sebelum mengambil keputusan, sebaiknya diskusikan terlebih dulu pada dokter gigi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News