Bugar

Kenali Dampak Kulit Sensitif dan Cara Merawatnya

Kenali Dampak Kulit Sensitif dan Cara Merawatnya

MOMSMONEY.ID - Dampak kuli sensitif harus segera Anda ketahui agar bisa merawatnya dengan tepat. Termasuk memilih sabun muka yang tepat merupakan langkah penting.

Memilih sabun muka untuk kulit sensitif bukanlah hal yang mudah. Sebab jika salah memilih, kemungkinan kulit dapat mengalami iritasi.

Kulit sensitif memiliki ciri-ciri kering, mudah mengelupas, dan rentan iritasi. Kondisi ini kerap ditemukan pada pengidap rosacea, eksim, dermatitis kontak, atau kondisi peradangan lain. 

Kulit cenderung rentan mengalami iritasi akibat lapisan pelindung kulit atau skin barrier menipis. 

Dilansir dari Skin Health, inilah beberapa dampak kulit sensitif dan cara merawat yang juga harus Anda perhatikan dalam melakukan perawatan sehari-hari untuk kulit sensitif, antara lain: 

Baca Juga: 5 Sumber Vitamin C untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

1. Cuci muka dua kali sehari

2. Gunakan pelembab untuk kulit sensitif

3. Pilih produk perawatan berlabel hypoallergenic

4. Pilih produk tanpa bahan tambahan yang dapat mengiritasi

5. Gunakan tabir surya

6. Pilih produk tanpa alkohol denat

7. Pakai pelembap tanpa parfum

8. Jangan keseringan berganti produk

9. Hindari menyentuh wajah

10. Stop produk dengan scrub

Baca Juga: Bisa Anda Coba! 5 Tanaman Herbal yang Bisa Meringankan Penyakit Cacar Air

Saat mencuci muka, disarankan untuk mengaplikasikan sabun pembersih muka menggunakan tangan, lalu bilas dengan air hangat dan jangan terlalu panas, lalu keringkan dengan handuk yang lembut.

Cara merawat kulit sensitif ternyata mencakup banyak hal. Anda harus memilih produk dengan komposisi tepat, rangkaian penggunaan produk perawatan yang berurutan, hingga menghindari hal-hal yang akan memperburuk kondisi lapisan pelindung kulit.

Jika muncul kondisi gatal, kulit bersisik, dan kemerahan yang lebih parah dan tak tertahankan, sebaiknya kunjungi dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang sesuai.

Selain itu, dengan menjalani pola hidup sehat seperti tidak merokok, mengonsumsi makanan sehat, dan banyak minum air ditambah perawatan kulit yang baik maka kesehatan kulit akan tetap terjaga.

Itulah beberapa dampak kulit sensitif yang perlu Anda ketahui dan juga cara merawatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News