HOME, Santai

Kenali Clinomania, Gangguan Ketagihan Tidur Berlebihan

Kenali Clinomania, Gangguan Ketagihan Tidur Berlebihan

MOMSMONEY.ID - Musim dingin merupakan musim yang membuat banyak orang enggan melakukan aktivitas di luar ruangan. Musim dingin juga dimanfaatkan untuk bersantai dan rebahan di atas kasur sambil menikmati minuman hangat.

Tahukah Anda bahwa keinginan yang kuat untuk berada di atas kasur saat musim dingin memiliki sebutan sendiri?  Hal itu disebut dengan istilah clinomania.

Laman Psychology Today, menjelaskan bahwa clinomania adalah keinginan yang kuat atau adanya obsesi untuk tidur dan menghabiskan waktu di atas kasur.

Baca Juga: Ini Dia 4 Faktor Penyebab Pori-Pori Besar dan Cara Mengatasinya

Kondisi tersebut bisa memicu munculnya kelainan atau adiksi pada tidur yang dimana hal tersebut ditandai dengan adanya sikap atau tindakan dari seseorang yang terlalu banyak tidur.

Orang dengan clinomania tak hanya memiliki keinginan kuat untuk tidur saja namun juga tidak sanggup untuk bangun dari atas kasur karena keinginan mereka yang kuat tersebut.

Penelitian dari Rhode Island Medical Journal, juga menjelaskan bahwa clinomania adalah perilaku kumpulsif untuk tetap berada di atas kasur. Kumpulsif merupakan istilah yang digunakan sebagai ukuran seseorang mengalami ketagihan atau tanda-tanda perilaku yang berlebihan.

Melansir dari laman Marie Claire, kondisi tersebut memang belum disadari secara medis, namun kebanyakan orang-orang yang mengalami kondisi tersebut memiliki gejala yang sama.

Dalam penelitiantersebut orang-orang dengan clinomania atau orang-orang yang ketagihan tidur diminta untuk menjelaskan perasaan mereka ketika bangun tidur di pagi hari.

Baca Juga: Sederet Faktor yang Bisa Menentukan Kesuburan Wanita

Jika jawaban yang diberikan adalah seperti membuat stress, merasa cemas, memusingkan, dan hal-hal negatif muncul di kepala, maka hal tersebut bisa dikaitkan dengan gejala clinomania.

Tanda-tanda clinomania tersebut disebabkan karena adanya banyak pikiran akan ketakutan yang terjadi tentang dunia luar dan membuat orang tersebut memutuskan untuk tetap berada di dalam rumah, tepatnya di atas kasur saja untuk tidur sehari penuh.

Selain itu, tanda lain dari seseorang yang mengalami clinomania adalah munculnya perasaan butuh tidur secara konstan hingga menyebabkan orang tersebut menjadi ketagihan tidur.

Kesulitan untuk mengontrol kebutuhan tidur juga kerap dialami orang-orang yang mengalami clinomania atau ketagihan tidur. Padahal waktu tidur yang dimiliki sudah lebih dari anjuran waktu tidur yaitu 8 jam/hari.

Jika merasakan tanda-tanda ketagihan tidur yang tidak bisa dikontrol seperti clinomania, maka sebaiknya segera kunjungi dokter atau ahli untuk menangani gangguan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News