HOME, Keluarga

Kenali Ciri-Ciri Orang yang Manipulatif, Patut Diwaspadai!

Kenali Ciri-Ciri Orang yang Manipulatif, Patut Diwaspadai!

MOMSMONEY.ID - Manipulatif atau manipulasi sebagaimana dilansir dari Alodokter adalah cara yang dilakukan seseorang (manipulator) untuk menyerang atau memengaruhi emosi dan mental orang lain, sehingga ia bisa mengendalikan orang lain dan mendapatkan apa yang ia inginkan.

Kendati tidak ada satu pun bentuk manipulasi yang sehat, namun perlu diingat bahwa perilaku manipulatif tidak selalu dilakukan secara sadar. Bahkan, beberapa orang manipulatif tidak tahu apa yang sebenarnya mereka lakukan. Itulah mengapa tanda-tanda manipulasi perlu dicermati karena dapat membantu Anda supaya tidak terbiasa, tertipu, atau terjebak di dalam drama.

Dilansir dari Bustle, inilah beberapa ciri-ciri orang yang manipulatif dan patut Anda waspadai.

Baca Juga: Kenali Penyebab Kulit Kepala Kering, Gatal dan Berketombe di Sini

1. Membuat orang lain menjadi merasa bersalah

Orang yang manipulatif akan melakukan apa saja untuk membuat orang lain merasa bingung dan lemah. Seringkali, mereka melakukan hal ini dengan cara mengacak-acak otak orang lain menggunakan permintaan maaf dan rasa bersalah.

Dikarenakan seorang manipulator cenderung kesulitan menerima tanggung jawab atas perilaku mereka, maka mereka akan berusaha menemukan cara untuk membalikkan keadaan dengan membuat orang lain merasa bersalah atau buruk. 

2. Mengabaikan masukan dari orang lain

Untuk mendapatkan apa yang diinginkan, orang manipulatif akan diam-diam menganggap orang lain setuju dengan semua yang mereka katakan. Manipulator sering menyuarakan asumsi tentang niat atau keyakinan orang lain kemudian membenarkan perasaan atau tindakan dari mereka sendiri seraya menyangkal perkataan orang lain.

Biasanya, orang yang manipulatif akan bertindak seolah-olah sesuatu yang mereka lakukan telah disepakati atau diputuskan padahal nyatanya belum. Dengan begini, mereka bisa mengabaikan masukan atau keberatan dari orang lain.

3. Tidak memberi banyak waktu bagi orang lain untuk mengambil keputusan

Dalam situasi apapun, tentu selalu ada waktu walaupun sedikit untuk memikirkan sesuatu sebelum membuat keputusan. Jadi,  patut waspada pada orang-orang yang gemar menekan Anda untuk segera memutuskan sesuatu terutama jika menyangkut uang. Pasalnya, itu bisa jadi taktik negosiasi dari sang manipulator untuk menekan supaya Anda mau membuat keputusan sebelum benar-benar siap.

Dengan menerapkan kontrol dan menciptakan ketegangan, orang yang manipulatif mampu meretakkan pendirian dan membuat Anda menyerah pada agresor atau tuntutan dari mereka.

4. Berpura-pura bodoh

Orang yang manipulatif bisa bertindak seolah-olah mereka tidak memahami permintaan orang lain hanya untuk meloloskan diri. Di lain waktu, mereka mungkin akan berpura-pura tidak mengerti guna menggoyahkan kepercayaan diri orang lain.

Saat mereka menggunakan taktik ini, kemungkinan besar mereka sedang menyembunyikan sesuatu atau menghindari kewajiban yang seharusnya mereka lakukan.

5. Bersikap seolah-olah peduli

Tergolong mengerikan, nyatanya teknik ini sering digunakan oleh orang-orang manipulatif untuk memanipulasi orang lain. Seorang manipulator tidak akan ragu menampilkan beberapa perhatian palsu pada targetnya guna merusak keputusan dan kepercayaan diri mereka.

Maka dari itu, jika ada orang-orang di dalam kehidupan Anda yang tiba-tiba mengkhawatirkan Anda dan membanjiri  dengan segala perhatian, padahal sebelumnya cenderung bersikap dingin atau tidak pernah berkomunikasi, maka waspadalah karena bisa jadi ada sesuatu yang sedang mereka rencanakan.

6. Merusak kepercayaan

Manipulator bisa melakukan apapun yang mereka bisa untuk menjatuhkan orang lain. Manipulator emosional akan berusaha mencari kerentanan orang lain dengan tujuan mengeksploitasi mereka.

Bahkan, orang yang manipulatif juga dapat menciptakan hubungan dengan orang-orang yang paling rentan dan bisa dikendalikan entah itu secara sadar maupun tidak sadar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News