HOME, Bugar

Kenali Ciri-Ciri dan Jenis Kanker Payudara yang Harus Diketahui Perempuan

Kenali Ciri-Ciri dan Jenis Kanker Payudara yang Harus Diketahui Perempuan

MOMSMONEY.ID - Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang berbahaya bagi wanita, setelah kanker serviks. Sel kanker akan tumbuh dan menyerang jaringan payudara Anda, misalnya saluran keluar air susu, lobulus (pabrik penghasil air susu), bersama jaringan penunjang lainnya seperti jaringan lemak.

Sejauh ini belum diketahui penyebab pasti kanker payudara, satu hal yang diketahui adalah penyakit ini muncul karena adanya kerusakan sel dan perubahan sifat genetik pada jaringan payudara.

Memiliki risiko atau tidak tentu tidak ada salahnya untuk mengenali ciri-ciri kanker payudara. Terutama kanker payudara stadium 1. Agar jika sel kanker tersebut tumbuh, Anda tidak terlambat untuk mengobatinya.

Baca Juga: Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Memperlancar Menstruasi

Berikut ini adalah ciri-ciri kanker payudara yang perlu Anda ketahui.

1. Munculnya benjolan di payudara

2. Benjolan pada payudara merupakan salah satu pertanda awal munculnya kanker payudara. Benjolan ini tidak selalu terasa sakit. Meski demikian, tidak semua benjolan yang muncul pada payudara bersifat kanker. Benjolan ini dapat teraba saat Anda melakukan pemeriksaan pribadi di rumah.

3. Warna kulit payudara berubah

4. Perubahan warna ini terkadang disalahartikan dengan infeksi. Padahal, jika Anda tidak yakin dengan benjolan yang muncul di dalam payudara, perubahan warna kulit sudah cukup untuk membuat Anda lebih waspada.

5. Pada tahap ini, kulit payudara akan menjadi kemerahan seperti terjadi iritasi, tekstur dan warna kulit seperti kulit jeruk, dan permukaan kulit area payudara yang terkena kanker tampak berlekuk-lekuk, serta terjadi penebalan kulit.

6. Puting terasa sakit

7. Munculnya perubahan pada bagian puting, misalnya puting mengeras atau nyeri pada puting. Mungkin juga keluar cairan tidak normal dari puting atau puting melesak ke dalam.

8. Muncul benjolan pada ketiak. 

Baca Juga: Menurunkan Kolesterol Dalam Darah dengan Konsumsi Temulawak

Berikut jenis-jenis kanker payudara yang umum terjadi pada perempuan dan Anda harus mengetahuinya, sebagai berikut.

1. Karsinoma duktal in situ (ductal carcinoma in situ/DCIS)

Karsinoma duktal in situ adalah jenis kanker payudara noninvasif yang bermula di dalam jaringan saluran susu (duktus). Kondisi ini tidak mengancam nyawa dan masih bisa disembuhkan. Namun, bila terlambat mendapat penanganan, kondisi ini bisa berkembang menjadi kanker payudara invasif.

2. Karsinoma lobular in situ (Lobular Carcinoma in situ/LCIS)

Karsinoma lobular in situ (LCIS) terjadi karena adanya pertumbuhan sel abnormal di jaringan lobulus payudara. LCIS dikenal juga dengan nama neoplasia lolubar. Meski abnormal, LCIS tidak termasuk kanker. Namun, bila Anda didiagnosis LCIS, Anda berisiko mengalami kanker payudara invasif pada masa depan.

3. Karsinoma duktal invasif (Invasive ductal carcinoma/IDC)

Karsinoma duktal invasif adalah jenis kanker payudara yang paling umum terjadi. American Cancer Society menyebut, delapan dari sepuluh kasus kanker payudara, termasuk ke dalam tipe ini.

4. Karsinoma lobular invasif (invasive lobular carcinoma/ILC)

Karsinoma lobular invasif (ILC) merupakan jenis kanker payudara yang bermula di lobulus payudara, yang kemudian menyerang jaringan payudara lain di dekatnya dan bahkan bisa ke organ lainnya.

5. Kanker payudara inflamasi (inflammatory breast cancer/IBC)

Kanker payudara inflamasi (IBC) mirip dengan karsinomal duktal invasif, tetapi kanker ini memiliki gejala yang berbeda. Gejala kanker payudara IBC umumnya, yaitu adanya peradangan, seperti pembengkakan dan kemerahan, serta penebalan atau lesung pipi pada kulit, sehingga terlihat seperti kulit jeruk.

Kanker payudara tidak kalah mematikannya dengan kanker serviks. Semakin cepat penyakit ini terdeteksi, maka semakin tinggi angka keberhasilan pengobatannya. Untuk mengurangi risiko kanker, disarankan agar Anda menjaga pola makan dan menjalani hidup sehat, serta rutin melakukan SADARI.

Jika Anda merasa berpotensi terkena kanker payudara karena memiliki ibu atau saudara sedarah yang menderita kanker, cobalah untuk berkonsultasi ke dokter.

Selanjutnya: Jangan Sepelekan, Daun Pepaya Punya Banyak Manfaat Kesehatan Buat Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News