Bugar

Kenali Cara Tepat Isoman untuk Pengidap Cacar Monyet

Kenali Cara Tepat Isoman untuk Pengidap Cacar Monyet

MOMSMONEY.ID - Beberapa waktu lalu, kasus pertama cacar monyet telah ditemukan di Jakarta sehingga kewaspadaan utnuk masyarakat lainnya perlu ditingkatkan.

Pasalnya, cacar monyet ini bisa menular melalui kontak dekat, terutama kontak kulit. Meksi begitu, kebanyakan pengidapnya tidak memerlukan rawat inap.

Centers for Disease Control and Prevention pun merekomendasikan agar orang yang mengidap cacar monyet melakukan isolasi mandiri di rumah untuk mengurangi penyebaran virus.

Kemenkes RI juga menyarankan isolasi mandiri dilakukan di rumah, namun ini bisa tergantung pada tingkat keparahan pengidap cacar monyet.

Baca Juga: Inilah Fakta Penting tentang Vaksin Cacar Monyet yang Perlu Diketahui

Isolasi mandiri juga dilakukan tidak hanya sebagai penanganan untuk orang yang terinfeksi, melainkan untuk membantu mencegah penularan yang lebih masif.

Selain itu, dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention selama pengidap cacar monyet melakukan isoman, inilah beberapa cara tepat yang bisa dilakukan, antara lain: 

1. Lakukan isolasi mandiri di rumah ketika mengalami gejala dengan demam atau gejala pernapasan, termasuk sakit tenggorokan, hidung tersumbat, atau batuk. Namun, bila kondisi kesehatan menjadi lebih parah, Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter.

2. Hindari kontak dekat atau fisik dengan orang dan hewan peliharaan. 

3. Tutupi lesi dengan perban dan kenakan masker yang pas. Hindari juga naik transportasi umum saat meninggalkan rumah saat hendak melakukan perawatan medis di rumah sakit atau saat dalam keadaan darurat.

4. Ketika beraktivitas di rumah, tutupi semua bagian ruam dengan pakaian, sarung tangan, atau perban.

5. Saat berkomunikasi dengan orang rumah, tetap kenakan masker yang pas untuk mencegah penyebaran sekresi mulut dan pernapasan saat berinteraksi dengan orang lain sampai ruam dan semua gejala lainnya hilang.

6. Masker harus pas di wajah tanpa celah di sepanjang tepi atau di sekitar hidung dan nyaman serta dipakai dengan benar di atas hidung dan mulut.

7. Jangan berbagi barang yang telah dipakai atau dipegang dengan orang atau hewan peliharaan. 

8. Cuci atau desinfeksi barang-barang yang telah dipakai ataupun tanpa sengaja tersentuh oleh lesi. 

9. Hindari kontak fisik dekat, termasuk kontak seksual, bersalaman, dan berpelukan dengan orang lain. 

10. Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol, terutama setelah kontak langsung dengan ruam.

Itulah informasi mengenai cacar monyet, penanganan, dan tata cara untuk melakukan isolasi mandiri yang bisa Anda lakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News