HOME, Bugar

Kenali Berbagai Kandungan Nutrisi dan Vitamin dalam Tomat

Kenali Berbagai Kandungan Nutrisi dan Vitamin dalam Tomat

MOMSMONEY.ID - Tomat adalah buah tinggi kadar air dengan rasa manis asam menyegarkan. Selain enak, vitamin yang terkandung dalam tomat juga penting untuk tubuh.

Beberapa di antaranya adalah vitamin C, K1, dan B9 atau dikenal juga dengan nama asam folat, dilansir dari Health Focus.

Selain rasanya yang enak dan cocok diolah menjadi apa saja, tomat juga kaya akan vitamin dan banyak nutrisi lainnya. Ada beberapa vitamin yang terkandung dalam tomat, yaitu sebagai berikut.

1. Vitamin C

Satu buah tomat berukuran sedang dapat memenuhi 28 persen kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C adalah antioksidan penting yang bisa bantu jaga kekebalan tubuh.

2. Vitamin K1

Vitamin K1 atau phylloquinone punya fungsi penting dalam proses pembekuan darah dan kesehatan tulang.

3. Vitamin B9 (folat)

Vitamin B9 atau populer disebut folat sangat penting untuk pertumbuhan jaringan normal dan fungsi sel. 

Baca Juga: Perempuan Wajib Tahu! 5 Makanan untuk Cegah Kanker Payudara

Itulah tadi berbagai vitamin yang terkandung dalam tomat. Selain vitamin, buah ini juga memiliki banyak nutrisi penting lain. Termasuk kalium, yang bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan pencegahan penyakit jantung.

Kandungan air dalam tomat adalah sekitar 95%, sedangkan 5% lainnya terdiri dari karbohidrat dan serat. Karbohidrat dalam tomat berukuran sedang (123 gram) adalah sekitar 5 gram, dilansir dari data Kementrian Kesehatan Indonesia.

Sementara itu, kandungan serat dalam tomat adalah sekitar 1,5 gram, dari buah tomat yang berukuran sedang. Sebagian besar serat dalam tomat adalah jenis serta tidak larut, berupa hemiselulosa, selulosa, dan lignin.

Baca Juga: Meskipun Pahit, Jangan Ragukan Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Selain berbagai vitamin yang terkandung dalam tomat yang tadi dijelaskan, buah ini juga mengandung banyak senyawa penting, seperti berikut ini.

1. Likopen

Sebuah pigmen merah dan antioksidan, likopen telah lama dipercaya bisa meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

2. Beta karoten

Ini adalah antioksidan yang sering memberi warna kuning atau oranye pada makanan. Di dalam tubuh, beta karoten diubah menjadi vitamin A.

3. Naringenin

Ditemukan di kulit tomat, flavonoid ini dapat mengurangi peradangan dan melindungi dari berbagai penyakit.

4. Asam klorogenat

Asam klorogenat merupakan senyawa antioksidan kuat, yang dapat menurunkan tekanan darah pada pengidap hipertensi.

Itulah pembahasan mengenai vitamin yang terkandung dalam tomat, nutrisi penting lainnya, dan manfaat kesehatan yang bisa didapatkan.

Dapat diketahui bahwa buah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena kaya akan nutrisi. Jadi, jangan lupa masukkan tomat dalam menu makan sehari-hari Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News