HOME, Bugar

Kenali Beragam Makanan untuk Meredakan Flu

Kenali Beragam Makanan untuk Meredakan Flu

MOMSMONEY.ID - Flu atau influenza adalah penyakit yang tidak boleh dianggap remeh. Meski gejalanya terlihat ringan, seperti batuk dan pilek, penyakit ini berisiko menimbulkan masalah kesehatan lain yang lebih parah.

Penyakit ini memang belum ada pengobatan khusus untuk penyembuhannya, tetapi Anda bisa mempercepat pemulihan dengan memilih menu makanan yang bergizi. 

Virus flu terus bermutasi dengan sedikit perubahan dalam struktur DNA mereka. Akibatnya, mustahil bagi tubuh kita untuk menciptakan kekebalan terhadap virus ini. Meski begitu, Anda bisa mempercepat penyembuhan dan membantu tubuh mengusir virus dengan mengonsumsi makanan yang sehat.

Mari kita simak beberapa makanan untuk flu berikut ini. 

Baca Juga: Gejala Muntaber dan Cara Mengobatinya

1. Jahe

Jahe adalah salah satu obat tradisional yang sudah cukup umum dikonsumsi untuk meredakan batuk, pilek, dan sakit tenggorokan akibat flu. Tak hanya itu, berbagai riset juga menyatakan bahwa jahe memiliki efek antivirus. Untuk mendapatkan manfaat jahe guna mengobati gejala flu, Anda bisa mengolahnya menjadi minuman teh jahe hangat yang ditambahkan madu dan lemon.

2. Sup Ayam

Sup ayam menggabungkan manfaat kaldu dengan bahan-bahan tambahan. Ayam potong memberikan tubuh zat besi dan protein dan kamu akan mendapatkan nutrisi dari wortel, rempah, dan seledri. Kamu bisa makan sup ayam selama flu untuk membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan membuat perut kenyang. 

3. Bawang Putih

Kebanyakan orang berpendapat bahwa bawang putih hanya bumbu dapur yang digunakan sebagai zat penyedap makanan. Makan bawang putih mentah atau dibakar bisa bermanfaat. Efeknya meningkatkan kekebalan tubuh, pertimbangkan untuk makan bawang putih saat gejala awal flu muncul.

4. Wortel

Wortel mengandung vitamin A dan antioksidan yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin B6 di dalam wortel juga berperan dalam proses produksi antibodi atau zat kekebalan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengolah wortel menjadi jus atau sebagai lalapan dan campuran dalam sup.

5. Yogurt

Yogurt tidak hanya membantu meredakan sakit tenggorokan, namun juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh selayaknya bawang putih. Kamu bisa makan yogurt saat tenggorokan sakit, tetapi pastikan untuk memilih yogurt utuh tanpa gula tambahan.

Baca Juga: Gejala Pneumonia dan Cara Pencegahannya

Beberapa pilihan makanan untuk meredakan flu di atas bisa Anda coba saat sedang flu. Namun, jika flu yang Anda alami tidak kunjung reda atau muncul gejala lain, seperti sesak napas, demam, dan berkurangnya kemampuan indra penciuman, segera periksakan diri ke dokter agar dapat diberikan penanganan yang tepat.

Selanjutnya: 5 Makanan untuk Membantu Kesehatan Rambut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News