Bugar

Kenali 8 Penyebab Kulit Wajah Mengelupas yang Harus Anda Tahu

Kenali 8 Penyebab Kulit Wajah Mengelupas yang Harus Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Ada banyak sekali penyebab kulit wajah mengelupas yang bikin tidak nyaman.

Kulit berfungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai paparan polusi, cuaca yang berubah, suhu, hingga bahan kimia yang membahayakan tubuh. 

Jika tidak segera dirawat kulit Anda yang mengelupas, maka akan semakin berdampak buruk ke kesehatan kulit.

Oleh karena itu, simak delapan penyebab kulit mengelupas di bawah ini, dikutip dari jovee.id, yaitu: 

1. Dermatitis seboroik

Penyebab pertama kulit wajah mengelupas adalah dermatitis seboroik. Penyakit kulit ini gangguan yang biasanya menyerang kulit kepala. 

Tanda-tandanya adalah kulit yang bersisik, berwarna kekuningan, gatal, kemerahan, dan mengelupas. Meskipun dermatitis seboroik lebih sering menyerang kulit kepala, kondisi ini juga bisa berkembang di wajah.

2. Eksim

Penyebab kulit wajah mengelupas selanjutnya adalah eksim. Penyakit ini dimana kondisi autoimun yang ditandai dengan bercak bersisik berwarna merah atau cokelat, serta pengelupasan yang dapat terjadi di sekitar wajah.

Baca Juga: Ini Kesalahan Memilih Warna Cat Dinding Dalam Rumah yang Mungkin Anda Lakukan

3. Terbakar sinar Matahari

Kemudian, terbakar sinar matahari juga bisa menyebabkan kulit mengelupas. Kulit yang terbakar sinar matahari akan tampak memerah, iritasi, dan meradang yang rusak. Kerusakan kulit ini akan mengelupas perlahan untuk memperlihatkan kulit baru di bawahnya.

4. Efek samping obat-obatan

Kulit bisa mengelupas sebagai efek samping dari obat-obatan tertentu. Obat-obatan seperti obat tekanan darah, penisilin, obat topikal atau salep, dan obat kejang dapat menimbulkan efek samping kulit mengelupas dan bersisik.

5. Psoriasis

Penyebab kulit mengelupas berikutnya adalah psoriasis. Psoriasis adalah kondisi kulit kronis yang ditandai dengan bercak-bercak putih bersisik pada kulit yang menjadi merah dan mengelupas. Bercak psoriasis bisa terasa sakit dan nyeri.

Baca Juga: Simak 4 Manfaat Garam Himalaya untuk Tubuh yang Perlu Anda Tahu

6. Rosacea

Mungkin cukup jarang didengar, Rosacea adalah kondisi kulit kronis yang dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah di bawah kulit, kulit bengkak dan memerah, serta kulit wajah mengelupas. 

7. Reaksi alergi terhadap kosmetik atau produk perawatan kulit

Jangan sembarangan menggunakan produk kosmetik atau skincare yang dijual di pasaran. Sesuatu yang diaplikasikan ke wajah, seperti moisturizer atau produk complexion, berisiko menyumbat pori-pori dan menyebabkan gatal atau bengkak pada kulit.

Kulit pun bisa menjadi kering setelah teriritasi sehingga mengelupas. Anda perlu mengetahui kandungan yang terdapat di dalam produk skincare sebelum digunakan. 

8. Sindrom kulit mengelupas

Penyebab kulit mengelupas lainnya adalah sindrom kulit mengelupas. Sindrom kulit mengelupas adalah kondisi kesehatan langka, di mana bercak kulit menjadi merah dan meradang sebelum mengelupas.

Nah, itulah beberapa penyebab kulit wajah mengelupas yang harus Anda tahu. Kenali penyebabnya dan segera rawat kesehatan kulit Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News