Bugar

Kenali 7 Tanaman untuk Mengobati Luka Luar dengan Efektif

Kenali 7 Tanaman untuk Mengobati Luka Luar dengan Efektif

MOMSMONEY.ID. Ketahui daftar tanaman untuk mengobati luka luar dengan efektif.

Beberapa tanaman berikut ini menjadi obat yang cocok dalam penyembuhan 

Luka luar adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan luka atau cedera yang terjadi pada kulit atau jaringan tubuh di luar tubuh manusia.

Tentunya, luka luar akan berbeda dengan luka dalam, yang mengacu pada kerusakan atau cedera yang terjadi di dalam tubuh, seperti pada organ internal.

Luka luar dapat terjadi karena berbagai alasan, termasuk kecelakaan, benturan, luka tusukan, luka sayatan, atau luka bakar. Luka luar dapat meliputi goresan, memar, luka terbuka, atau luka tertutup.

Baca Juga: Khasiat Kunyit Putih Yang Sejak Dahulu Digunakan Sebagai Jamu

Tanaman untuk mengobati luka luar

Luka luar biasanya dapat terlihat dengan jelas, dan tanda-tanda umum meliputi pendarahan, peradangan, nyeri, kemerahan, pembengkakan, atau terbentuknya kerak pada luka.

Penting untuk membersihkan luka luar dengan hati-hati dan menjaga kebersihannya agar menghindari infeksi.

Untuk itu, Anda bisa mencoba beberapa tanaman untuk pengobatan luka luar secara efektif.

Simak beberapa daftar tanaman untuk mengobati luka luar dilansir dari laman Herbazest.

Baca Juga: 6 Manfaat Madu untuk Perawatan Wajah, Bisa Menghilangkan Komedo

Tanaman untuk obat luka

1. Lidah buaya

Lidah buaya

Lidah buaya sangat bermanfaat bagi kulit, dan bahan aktifnya ditemukan di daunnya. Gel bening di daun bagian dalam dan sel lateks tepat di bawah kulit daun memiliki khasiat obat yang cukup besar.

Kemampuan anti-inflamasi dan antioksidannya berarti dapat dioleskan langsung ke luka untuk mempercepat penyembuhan.

Ini mengurangi pembengkakan, mengurangi rasa sakit , dan menghambat aktivitas radikal bebas yang berpotensi merusak, memungkinkan penyembuhan lebih cepat.

Aroma harum lidah buaya menjadikannya pilihan populer untuk mengobati luka bakar, luka dingin, sengatan matahari, luka operasi, dan psoriasis.

2. Annato atau Kesumba keling

Tanaman Kesumba Keling atau Annatto merupakan buah tanaman achiote yang tidak dapat dimakan. Untuk membudidayakan memerlukan bijinya, yang mengandung senyawa antiinflamasi dan antioksidan yang disebut bixin.

Dalam penggunaannya, biji diekstraksi untuk mengobati bisul dan luka lainnya karena menghambat peradangan, mempercepat pematangan kolagen, dan kontraksi luka untuk memfasilitasi penutupan luka.

3. Bawang putih

Bawang putih

Meskipun aromanya yang khas mungkin bukan pilihan pertama ramuan penyembuh luka, bawang putih bersifat anti-inflamasi, antioksidan, dan antibakteri.

Dengan demikian, mempercepat pematangan kolagen di jaringan kulit dan bertindak sebagai antiseptik untuk mencegah infeksi.

Tercatat ada insiden tapal bawang putih yang digunakan untuk tujuan ini sepanjang sejarah, termasuk di Roma Kuno dan selama Perang Dunia I.

Sehingga, Bawang putih menjadi salah satu tanaman untuk mengobati luka secara efektif.

4. Chamomile

Tanaman Chamomile memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi. Sehingga bisa menjadi salah satu tanaman untuk mengobat luka luar dengan efektif.

Anda bisa memulainya dengan membuat teh chamomile yang sudah dingin, kemudian digunakan untuk mengompres luka atau sebagai semprotan penyembuhan luka.

5. Lavender

Air Lavender

Minyak esensial lavender memiliki sifat antimikroba dan analgesik sehingga dapat meredakan nyeri pada luka.

Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak lavender ke minyak pembawa, seperti minyak kelapa atau minyak zaitun, dan oleskan pada luka.

6. Kalendula

Calendula merupakan dikenal sebagai marigold, memiliki kelopak dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang membantu mengurangi pembengkakan dan rasa tidak nyaman pada luka.

Nah, untuk meningkatkan aliran darah dan suplai oksigen ke lokasi untuk merangsang pertumbuhan kembali jaringan kulit dengan kecepatan 40% lebih cepat daripada fungsi penyembuhan alami tubuh.

7. Tea tree 

Minyak tea tree

Minyak tea tree memiliki sifat antimikroba yang kuat dan dapat membantu mencegah infeksi luka. Anda bisa mengoleskan minyak tea tree yang telah diencerkan pada luka.

Pastikan Anda memilih bahan Tea Tree tanpa penambahan bahan lain agar efektif dalam masa penyembuhan.

Sementara tubuh mampu menyembuhkan dirinya sendiri secara alami, tampaknya tidak perlu mencoba berbagai tanaman obat secara jangka panjang.

Tumbuhan yang disebutkan di atas tidak hanya menyembuhkan dalam jangka panjang, tetapi juga akan segera meredakan nyeri luka.

Melalui informasi terkait tanaman untuk mengobati luka luar yang efektif bisa diterapkan oleh semua kalangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News