Bugar

Kenali 6 Manfaat Salicylic Acid untuk Wajah Pada Produk Skincare

Kenali 6 Manfaat Salicylic Acid untuk Wajah Pada Produk Skincare

MOMSMONEY.ID - Mampu mengatasi berbagai masalah kulit, inilah manfaat salicylic acid untuk wajah pada produk skincare. Tergolong ke dalam keluarga Beta Hydroxy Acid (BHA), biasanya saliciylic acid bisa ditemukan dalam produk skincare di pasaran terdiri atas 0,5% sampai 2%. 

Jika Anda memiliki masalah kulit seperti komedo, jerawat, pori-pori besar dan lain-lain, maka Anda bisa memilih skincare berbahan salicylic acid.

Lebih jelasnya, berikut manfaat salicylic acid untuk wajah dilansir dari garnier.co.id dan realfood.co.id, yaitu:

1. Menghilangkan Komedo

Manfaat salicylic acid untuk wajah pertama adalah dapat membersihkan komedo. Komedo merupakan salah satu masalah kulit yang cukup sulit dihilangkan. Jika tidak dibasmi, komedo berpotensi untuk berkembang menjadi jerawat.

Jadi, saat komedo putih (whitehead) dan komedo hitam (blackhead) muncul di wajah Anda, gunakan produk skincare berbahan asam salisilat untuk membasminya.

Asam ini akan melunakkan komedo bahkan yang sudah keras sekalipun, lalu melepaskan ikatannya dengan sel-sel kulit sehingga bisa dikeluarkan dari pori-pori dengan mudah saat wajah dibersihkan.  

2. Mengatasi Masalah Jerawat

Manfaat salicylic acid untuk wajah selanjutnya adalah mengatasi masalah jerawat. Biasanya, jerawat muncul saat pori-pori tersumbat kotoran, minyak berlebih, dan sel-sel kulit mati terpapar bakteri.

Saat digunakan pada wajah, salicylic acid akan masuk ke dalam pori-pori lalu membersihkan sampai tuntas, sehingga jerawat cepat kempes. Selain itu, sifat anti inflamasi pada salicylic acid dapat membantu menenangkan jerawat yang meradang. 

3. Membuat Ukuran Pori-Pori Tetap Normal

Kemudian, salicylic acid juga bisa membuat ukuran pori-pori tetap normal. Pori-pori normal pada kulit yang berminyak biasanya tampak lebih besar, sementara pada kulit yang kering tampak lebih kecil.

Ukuran pori-pori bisa membesar saat di dalamnya terisi minyak berlebih, kotoran, dan sel-sel kulit mati. Penggunaan produk skincare yang mengandung salicylic acid secara rutin akan membantu membersihkan pori-pori dari semua zat tersebut sehingga ukurannya tetap normal.

Baca Juga: Ketahui 7 Manfaat Ampas Teh untuk Kecantikan, Perawatan Alami Rumahan

4. Mengangkat Sel Kulit Mati

Salicylic acid juga ada pada produk exfoliator. Gunakan produk yang mengandung salicylic acid 2 kali seminggu untuk membuat mengangkat sel kulit mati dan menjadikan kulit wajah lebih halus dan cerah. Selain itu, produk dengan asam salisilat juga bisa membantu menyamarkan garis halus atau kerutan tanda penuaan dini. 

5. Mengurangi Kadar Minyak Berlebih

Manfaat salicylic acid untuk wajah berikutnya adalah mengurangi kadar minyak berlebih. Bahan aktif ini punya kemampuan untuk memecah ikatan sebum.

Sehingga kadar minyak di wajah akan berkurang dan akan membantu mengurangi risiko munculnya berbagai permasalahan pada kulit yang disebabkan oleh sebum seperti jerawat. 

6. Mengurangi Kerusakan Kulit Akibat Sinar Matahari

Manfaat salicylic acid lainnya adalah mengurangi kerusakan kulit akibat sinar matahari. Terlalu sering terkena paparan sinar matahari membuat kulit rentan terhadap berbagai masalah kulit.

Selain mengangkat sel kulit mati, manfaat salicylic acid juga dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Misalnya kulit kusam, flek hitam, dan warna kulit yang tidak merata.

Nah, itulah enam manfaat salicylic acid untuk wajah produk skincare. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News