Bugar

Kenali 6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah, Bikin Kulit Lembab dan Kencang

Kenali 6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah, Bikin Kulit Lembab dan Kencang

MOMSMONEY.ID - Sudah sejak lama digunakan, inilah beberapa manfaat minyak zaitun untuk wajah. Minyak zaitun berasal dari perasan buah zaitun. Minyak alami ini bisa digunakan ke seluruh tubuh, mulai dari rambut hingga kulit wajah dan tubuh. 

Banyak kandungan baik yang dibutuhkan kulit ada pada minyak zaitun. Jika Anda tertarik mencoba, simak enam manfaat minyak zaitun untuk wajah dilansir dari herworld.co.id, yaitu: 

1. Melembapkan Kulit 

Manfaat pertama minyak zaitun untuk wajah adalah melembapkan kulit. Minyak zaitun mengandung antioksidan kuat, vitamin E dan squalene yang dipercaya bisa melembutkan dan melembapkan kulit wajah.

Menurut penelitian tahun 2021 dalam jurnal Cosmetics, squalene dalam minyak zaitun dapat mendukung retensi kelembapan kulit, sedangkan vitamin E dapat meningkatkan kapasitas kulit untuk menyerap dan menahan air. Itulah yang membuat kulit wajah terasa lebih lembut dan lembap

2. Memudarkan Bekas Jerawat

Kandungan vitamin E yang tinggi di dalam minyak zaitun mampu memudarkan bekas jerawat menghitam pada kulit wajah. Oleh karena itu, Anda cukup mengoleskan minyak zaitun di area bekas jerawat menghitam secara rutin. 

3. Mencegah Tanda-Tanda Penuaan Dini

Manfaat minyak zaitun untuk wajah selanjutnya adalah mencegah tanda-tanda penuaan dini. Menurut penelitian tahun 2019 dalam International Journal of Cosmetic Science, kandungan minyak zaitun dapat memerangi stres oksidatif, yang berhubungan dengan penuaan kulit. 

Minyak zaitun juga diperkaya dengan banyak vitamin, seperti vitamin A,D, K, dan E, serta squalene, yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif pada kulit, yang bisa mempercepat penuaan dini, menurut Sandy Skotnicki, dermatologis bersertifikat. 

Baca Juga: 4 Kandungan Skincare yang Cocok untuk Kulit Kering, Apa Saja?

4. Mengecangkan Kulit

Kemudian, minyak zaitun juga bisa mengencangkan kulit. Hal ini berkat kandungan linoleic acid di dalamnya. Selain itu, kandungan antioksidan kuat juga ikut melindungi sel-sel kulit dari kerusakan.

Untuk merasakan manfaatnya, Anda cukup campurkan minyak zaitun dengan madu. Gunakan sebagai masker wajah, dan tunggu selama beberapa menit sampai kering, kemudian bilas wajah hingga bersih. 

5. Memperkecil Pori-Pori Wajah

Manfaat minyak zaitun untuk wajah berikutnya adalah memperkecil pori-pori wajah. Tampilan pori-pori wajah yang besar sering kali mengganggu penampilan sekaligus menjadi penyebab utama permasalahan kulit wajah lainnya.

Misalnya, komedo dan bisa menyebabkan produksi minyak berlebih yang mampu merangsang pertumbuhan jerawat pada kulit.

Anda cukup mengoleskan olive oil secara rutin pada area wajah dengan pori-pori besar dan paling berminyak. Lakukan setelah membersihkan wajah.

6. Membantu Melawan Bakteri

Manfaat minyak zaitun lainnya adalah membantu melawan bakteri. Menurut ulasan tahun 2010 dalam The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, jika Anda memiliki jenis kulit yang rentan berjerawat, menggunakan pembersih wajah dengan minyak zaitun sebagai ingredient utama dapat membantu mengurangi pertumbuhan jerawat dengan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Sifat anti-inflamasi dan anti mikroba dalam minyak zaitun juga ikut membantu mengurangi pertumbuhan jerawat dan mengobati peradangan akibat jerawat. 

Banyak sekali manfaat minyak zaitun untuk wajah yang bisa Anda rasakan, mulai dari menjaga kulit lembab hingga mencegah penuaan dini. Rutin melakukan perawatan wajah dengan bahan minyak zaitun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News