Bugar

Kenali 6 Manfaat Masker Beras untuk Wajah yang Harus Anda Tahu

Kenali 6 Manfaat Masker Beras untuk Wajah yang Harus Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Berikut ini manfaat masker beras untuk wajah yang harus Anda tahu.

Beras selalu dijadikan makanan pokok orang Indonesia. Selain memberikan energi dan nutrisi untuk tubuh, ternyata ada banyak manfaat beras untuk wajah.

Hal ini dibuktikan dengan penggunaan beras sebagai bahan utama pada produk skincare, seperti masker wajah.

Masker beras sudah sejak lama digunakan untuk merawat kecantikan wajah. Lebih jelasnya, simak lima manfaat masker beras untuk wajah dilansir dari jovee.id, yaitu: 

Baca Juga: 3 Cara Membuat Lulur Alami untuk Kulit Cerah dan Lembab, Bahan Utamanya Beras

1. Mencerahkan kulit

Pertama, manfaat masker beras untuk wajah adalah bisa mencerahkan kulit dan mengurangi flek-flek hitam pada wajah. Oleh karena itu, banyak produk kecantikan komersial mengandung air beras, termasuk sabun, toner, hingga krim wajah.

Banyak orang yang merasakan manfaat masker beras untuk mencerahkan kulit, meski hingga kini masih belum ada penelitian yang membuktikan seberapa efektif masker dari air beras untuk mencerahkan wajah.

2. Meningkatkan kekenyalan kulit

Manfaat masker beras untuk wajah selanjutnya adalah meningkatkan kekenyalan kulit.

Menurut studi di tahun 2013, air beras yang difermentasi dapat meningkatkan kolagen pada kulit sehingga dapat membuat kulit terasa kenyal dan lembut, serta membantu mencegah kerutan pada kulit wajah.

Masker dari air beras fermentasi juga tampaknya memiliki sifat tabir surya alami yang dapat membantu melindungi kulit dari efek buruk kerusakan akibat sinar ultraviolet.

Baca Juga: Ketahui 6 Manfaat Arang untuk Kulit Wajah, Ampuh Atasi Komedo!

3. Mencegah penuaan dini

Kemudian, masker beras juga dipercaya mampu mencegah penuaan dini. Studi di tahun 2013 menunjukkan, masker dari air beras yang difermentasi dapat membantu memperbaiki serta melindungi kulit dari sinar matahari.

Hal ini dikarenakan beras yang difermentasi memiliki sifat anti oksidan yang dapat memelihara kesehatan kulit, termasuk mencegah penuaan dini.

4. Mengatasi kulit berminyak

Manfaat masker beras berikutnya adalah mengatasi kulit berminyak. Kombinasi beras kencur dan beras dapat membantu mengatasi kulit berminyak.

Sebab, beras dan kencur memiliki kandungan vitamin B1 dan E, yang bermanfaat untuk membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah. Manfaat masker beras kencur untuk wajah ini cocok untuk pemilik kulit berminyak dan berjerawat.

Baca Juga: Simak 4 Manfaat Masker Lumpur untuk Wajah, Bikin Kulit Lembut

5. Menghidrasi kulit yang kering

Manfaat masker beras lainnya adalah menghidrasi kulit yang kering. Masker air beras dikenal dapat membantu mengatasi iritasi kulit yang disebabkan oleh penggunaan produk kecantikan yang mengandung sodium laurel sulfate (SLS).

Bagi Anda yang alergi terhadap SLS, mungkin akan mendapati kulit Anda kering dan mengelupas. Untuk membantu mengatasi masalah ini, Anda dapat rutin maskeran dengan air beras dua kali sehari.

Ternyata, banyak sekali manfaat masker beras untuk wajah yang bisa Anda rasakan. Wajar saja jika banyak produk skincare yang mengandunga bahan beras. Yuk, rawat kesehatan kulit Anda dengan menggunakan bahan beras. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News