Bugar

Kenali 6 Manfaat Es Batu untuk Wajah, Atasi Jerawat dan Kulit Kemerahan

Kenali 6 Manfaat Es Batu untuk Wajah, Atasi Jerawat dan Kulit Kemerahan

MOMSMONEY.ID - Bisa jadi alternatif pilihan perawatan kulit, inilah manfaat es batu untuk wajah. Jadi, enggak perlu selalu memakai produk skincare yang mahal untuk merawat wajah.

Anda masih bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah. Sensasi dingin yang diberikan es batu ternyata memberikan manfaat baik untuk kulit wajah.

Saat memakai make up, penggunaan es batu sangat disarankan karena dapat membuat make up lebih tahan lama.

Jika Anda tertarik mencoba, berikut enam manfaat es batu untuk wajah dilansir dari realfood.co.id

Baca Juga: Pahami 4 Cara Memilih Pembersih Wajah yang Benar, Apa Saja?

1. Mengontrol minyak berlebih

Manfaat pertama es batu untuk wajah adalah mengontrol minyak berlebih. Kulit kusam disebabkan oleh munculnya minyak berlebih pada kulit wajah. Selain itu, kulit yang berminyak juga lebih mudah terkena jerawat.

Dengan pemakaian es batu, mampu mengontrol minyak berlebih sehingga produksi minyak pada wajah terkendali. Caranya, dengan mengaplikasikan es batu pada kulit wajah sebelum tidur.

2. Membersikan pori-pori wajah

Manfaat es batu untuk wajah selanjutnya adalah membersihkan pori-pori wajah. Jerawat sering kali diakibatkan dari pori-pori kulit yang tersumbat.

Selain itu, kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk juga dapat membuat kulit wajah menjadi kusam.

Cukup aplikasikan es batu pada kulit wajah. Sebab, es batu dipercaya mampu membersihkan kulit hingga ke dalam pori-pori.

3. Meredakan kulit terbakar Matahari

Kemudian, es batu juga mampu meredakan kulit terbakar sinar matahari. Terpapar sinar matahari langsung dalam waktu yang lama mampu membuat kulit wajah terbakar.

Cara meredakannya, Anda bisa mengaplikasikan es batu pada area wajah yang terbakar matahari. Untuk hasil yang optimal, Anda bisa menggunakan es batu dari ekstrak lidah buaya.

Baca Juga: Kenali 7 Penyebab Muncul Sel Kulit Mati di Wajah yang Harus Anda Tahu

4. Meredakan kemerahan kulit wajah

Manfaat es batu untuk wajah berikutnya adalah meredakan kemerahan kulit wajah. Salah satu kondisi kulit yang kemerahan tersebut dinamakan dengan rosacea.

Bila hal tersebut terjadi, tidak perlu panik karena dapat diatasi dengan cara alami. Anda dapat mengompres kulit wajah yang sedang mengalami kemerahan.

Mengompres es batu ke kulit wajah dapat membuat pembuluh darah berkontraksi. Kemudian, tampilan pembuluh darah akan memudar dan mengurangi kemerahan akibat kondisi kulit.

Namun, hindari mengompres dalam waktu yang lama karena dalam beberapa kasus dapat memperburuk kondisi kulit tersebut.

5. Mengatasi jerawat

Es batu juga bisa membantu mengatasi peradangan yang diakibatkan oleh jerawat di wajah. Caranya, dengan memijat es batu selama beberapa menit pada area wajah yang berjerawat.

Selain dapat mengurangi pembengkakan pada jerawat, mengaplikasikan es batu juga dapat meringankan rasa sakit akibat jerawat.

6. Menyamarkan kantung mata

Manfaat es batu lainnya adalah menyamarkan kantung mata. Anda bisa mengompres es batu pada area kantung mata sebelum tidur.

Pijat secara perlahan hingga rasa dingin memasuki kulit sehingga aliran darah pada area tersebut lancar.

Seperti itulah enam manfaat es batu untuk wajah yang bisa jadi pilihan alternatif perawatan kulit. Mudah didapatkan dan digunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News