Bugar

Kenali 6 Bahaya Kandungan Alkohol untuk Wajah yang Harus Anda Tahu

Kenali 6 Bahaya Kandungan Alkohol untuk Wajah yang Harus Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Anda harus pahami bahaya kandungan alkohol untuk wajah. Sebenarnya, fungsi alkohol di dalam produk skincare untuk membunuh bakteri, mengecilkan tampilan pori-pori, dan mengurangi produksi minyak berlebih.

Beberapa produk skincare ada yang masih menggunakan alkohol. Akan tetapi, kandungan alkohol di dalam skincare tidak terlalu banyak. 

Tidak ada salahnya Anda beralih ke produk skincare yang non-alkohol. Supaya lebih memahami, berikut enam bahaya alkohol untuk wajah, dikutip dari laman senka.id, yaitu: 

Baca Juga: Konsumsi 5 Makanan Ini Miliki Rambut Sehat dan Indah, Apa Saja?

1. Memperburuk jerawat

Bahaya pertama alkohol untuk wajah adalah dapat memperburuk kondisi jerawat. Sebenarnya, alkohol di dalam skincare berfungsi untuk membunuh bakteri, mengecilkan tampilan pori-pori, dan mengurangi produksi minyak berlebih.

Tapi, alkohol juga bisa menghilangkan minyak alami yang berfungsi sebagai pelindung kulit dari bakteri dan polutan, penyebab iritasi.

Jika dibiarkan dalam jangka waktu lama, maka kulit akan kering dan memicu produksi minyak di wajah menjadi berlebih, sehingga jerawat akan muncul.

Oleh karena itu, bila skincare Anda mengandung alkohol, disarankan untuk menghidrasi kulit dengan pelembap guna menjaga produksi minyak alami di wajah.

2. Membuat kulit lebih kering

Bahaya alkohol untuk wajah selanjutnya adalah membuat kulit lebih kering. Jika Anda pemilik kulit kering, ada beberapa jenis alkohol yang harus diwaspadai, seperti isopropyl alcohol, etyl acohol, SD alcohol, dan denat alcohol.

Jenis alkohol tersebut mampu mengurangi produksi minyak di wajah, sehingga kulit Anda menjadi gampang merah dan gatal. 

Baca Juga: 4 Manfaat Witch Hazel untuk Kulit Kepala, Atasi Masalah Ketombe!

3. Merusak skin barrier

Kemudian, alkohol juga mampu merusak skin barrier wajah. Pentingnya menjaga skin barrier agar tidak mudah breakout, rentan berjerawat dan melindungi kulit dari paparan sinar Matahari serta radikal bebas. 

Jika Anda menggunakan skincare dengan kandungan alkohol dalam jangka waktu lama, maka kondisi skin barrier akan rusak, sehingga kulit lebih sensitif dan gampang iritasi.

4. Menimbulkan iritasi pada kulit

Bahaya kandungan alkohol untuk wajah berikutnya adalah dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Biasanya, kulit yang teriritasi oleh alkohol akan menjadi sensitif dan tipis dibanding sebelumnya.

Alasannya, karena alkohol mampu melukai lapisan terluar, sehingga gampang luka, kering, dan timbul ruam kemerahan.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Peppermint Oil untuk Perawatan Kulit dan Rambut

5. Mudah berkeriput

Bila Anda menggunakan alkohol di kulit, lama-kelamaan elastisitas pada kulit berkurang, sehingga kulit jadi kendur dan berkeriput.

Hal ini karena kandungan alkohol cenderung menarik air dari kulit dan menguras kelembapan kulit. Alhasil, jika Anda ingin kulit Anda minim kerut, Anda perlu meminimalisir penggunaan alkohol pada skincare.

6. Berpotensi merusak kulit permanen

Bahaya kandungan alkohol lainnya adalah bisa berpotensi merusak kulit permanen. Selain merusak skin barrier, alkohol pada skincare juga berpotensi memicu apoptosis, kondisi di mana sel kulit mengalami kerusakan permanen bila digunakan secara berlebihan.

Supaya hal tersebut tidak terjadi, pilihlah kandungan alkohol yang aman bagi kulit, seperti fatty alcohol yang dapat melembutkan sekaligus meminimalisir berkurangnya kandungan minyak alami di wajah.

Nah, itulah beberapa bahaya kandungan alkohol untuk wajah yang harus Anda tahu. Perhatikan kandungan alkohol pada produk skincare Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News