Kenali 5 Treatment Wajah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat dan Bopeng

Sumber: Jovee
Jumat, 28 Oktober 2022 | 12:48 WIB
Kenali 5 Treatment Wajah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat dan Bopeng

ILUSTRASI. Kenali 5 Treatment Wajah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat dan Bopeng. Tribunnews/Jeprima


MOMSMONEY.ID - Bisa dicoba, berikut lima treatment untuk menghilangkan bekas jerawat dan bopeng. Menghilangkan bekas jerawat dan bopeng memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Ada beberapa bekas jerawat dan bopeng yang cukup sulit dihilangkan jika hanya memakai produk skincare.

Saat akan melakukan treatment ini, Anda harus memilih klinik kecantikan yang tepat dan berkonsultasi dahulu dengan dokter.

Tak salahnya untuk cari tahu dulu, berikut lima treatment untuk menghilangkan bekas jerawat dan bopeng dilansir dari jovee.id, yaitu: 

1. Laser

Treatment pertama untuk menghilangkan bekas jerawat dan bopeng adalah laser. Sebanyak 95% dari mereka yang mengalami jerawat akan memiliki bekas jerawat.

Terapi laser ditujukan untuk meminimalkan tampilan bekas dan luka jerawat, dengan menghilangkan lapisan terluar kulit.

Berdasarkan jenisnya, terapi laser terbagi menjadi dua jenis. Laser ablative yang ditujukan untuk meminimalkan tampilan bekas jerawat dan bekas luka, dengan menghilangkan lapisan terluar kulit. Sedangkan non ablative digunakan untuk meningkatkan pembentukan kolagen.

Prosedur ini tentu tidak serta merta langsung menghilangkan bekas jerawat dalam satu kali treatment. Diperlukan beberapa kali terapi laser untuk menyamarkan bekas jerawat dengan sempurna.

Selain itu, terapi laser juga tidak untuk semua orang. Jika Anda punya jerawat aktif, warna kulit gelap, atau kulit yang sangat keriput, mungkin Anda tidak cocok untuk melakukan prosedur ini.

Terapi laser hanya bisa dilakukan oleh tenaga medis, dan hanya dokter yang dapat memberikan saran yang tepat apakah Anda perlu melakukan prosedur ini atau tidak.

2. Chemical Peeling

Treatment untuk menghilangkan bekas jerawat dan bopeng adalah chemical peeling. Chemical peeling adalah prosedur di mana senyawa kimia eksfoliasi dioleskan pada wajah, yang menyebabkan lapisan kulit terluar mengelupas.

Setelah kulit mengelupas, kulit baru yang muncul akan menjadi lebih halus, lebih elastis, dan cerah.

Selain membantu menyamarkan bekas jerawat, chemical peeling juga bisa ditujukan untuk menyamarkan kerutan dan garis halus, kulit belang, bekas luka, melasma, dan flek akibat paparan sinar matahari.

Ada tiga macam chemical peeling: light, medium, dan deep. Pemulihan kulit pasca prosedur juga bergantung pada jenis treatment yang Anda pilih.

Sama seperti laser, chemical peeling hanya bisa dilakukan oleh dermatologi dan dokter.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Rambut Lepek biar Bervolume, Coba Yuk!

3. Mikrodermabrasi

Berikutnya, mikrodermabrasi adalah prosedur perawatan menggunakan semprotan kristal kecil untuk menghilangkan lapisan permukaan kulit luar.

Treatment ini mampu memperbaiki tampilan kerutan, garis halus, bopeng, hingga bekas jerawat. Sama seperti treatment lainnya, mikrodermabrasi hanya dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan.

Selain bekas jerawat, mikrodermabrasi juga dapat membantu menyamarkan, tampilan stretch mark, flek hitam, kulit belang, hingga melasma.

Pastikan telah menghentikan penggunaan isotretinoin selama enam hingga dua belas bulan sebelum melakukan prosedur ini.

4. Punch Excision

Treatment untuk menghilangkan bekas jerawat dan bopeng berikutnya adalah Punch Excision. Punch excision adalah prosedur bedah skala kecil yang ditujukan untuk menghilangkan jerawat, tahi lalat, kista, dan jenis bekas luka wajah lainnya.

Dalam prosedur ini, bekas jerawat, kista, atau pori-pori yang telah ditargetkan diangkat dari kulit.Biasanya prosedur ini dilakukan pada bekas jerawat dalam (bopeng).

Selain itu, punch excision juga dapat dilakukan untuk memperhalus bekas luka yang telah sembuh.

5. Injeksi Filler 

Terakhir, treatment untuk menghilangkan bekas jerawat dan bopeng adalah injeksi filler. Treatment ini bisa mengurangi kerutan dan garis halus dan membantu menyamarkan bekas luka.

Ada banyak jenis filler, namun biasanya filler yang disuntikkan terbuat dari kolagen hewani untuk memperbaiki tekstur dan tampilan bekas jerawat.

Meski efektif dan punya hasil yang permanen, konsultasi dengan tenaga ahli tetap diperlukan mengingat kolagen hewani dapat menimbulkan reaksi alergi.

Tergantung dari jenis filler yang digunakan, biasanya diperlukan perawatan ulang setiap enam bulan hingga dua tahun.

Itulah lima treatment untuk menghilangkan bekas jerawat dan bopeng. Mana yang Anda pilih? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TERPOPULER