Bugar

Kenali 5 Tanda Paling Umum Gangguan Kesehatan Mental Ini

Kenali 5 Tanda Paling Umum Gangguan Kesehatan Mental Ini

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa tanda yang paling umum terjadi saat seseorang mengalami gangguan kesehatan mental.

Menjaga kesehatan fisik itu sama pentingnya dengan menjaga kesehatan mental. Perlu dipahami, gangguan kesehatan mental sebenarnya suatu kondisi yang umum terjadi. 

Sama seperti penyakit pada fisik, gangguan kesehatan mental juga perlu diatasi, agar tidak mengganggu kualitas hidup pengidapnya.  

Gangguan mental merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup umum terjadi di Indonesia.

Menurut data tahun 2018, setidaknya ada 10%-13% penduduk Indonesia yang mengalami gangguan jiwa, bahkan 1,7% di antaranya menderita gangguan jiwa berat. 

Ciri-ciri gangguan mental pada setiap orangnya bisa bervariasi, tergantung pada jenis gangguan mental yang dialami dan tingkat keparahannya. 

Namun, secara umum, bersumber dari Mental Health, orang yang mengalami gangguan mental akan menunjukkan salah satu atau beberapa ciri berikut, antara lain: 

Baca Juga: 5 Cara Membantu Anak Remaja Menyeimbangkan Emosi

1. Ketakutan atau kegelisahan yang berlebihan

Tanda yang paling umum terjadi saat seseorang mengalami gangguan kesehatan mental yang pertama adalah ketakutan dan kegelisahan yang berlebihan. 

Anda jadi sering merasa takut, cemas, gugup, atau panik berlebihan, bahkan pada hal sepele. 

2. Penarikan diri

Tanda yang paling umum terjadi saat seseorang mengalami gangguan kesehatan mental yang kedua adalah penarikan diri dari sosil. 

Sering duduk dan tidak melakukan apa-apa untuk waktu yang lama, atau berhenti dari aktivitas yang sebelumnya dinikmati. 

3. Masalah berpikir

Tanda yang paling umum terjadi saat seseorang mengalami gangguan kesehatan mental yang ketiga adalah masalah berpikir. 

Ketidakmampuan untuk berkonsentrasi atau masalah dengan ingatan, pikiran, atau ucapan yang sulit dijelaskan. 

4. Perubahan suasana hati

Tanda yang paling umum terjadi saat seseorang mengalami gangguan kesehatan mental yang keempat adalah perubahan suasana hati. 

Dapat berupa kesedihan yang mendalam, ketidakmampuan untuk mengekspresikan kegembiraan, ketidakpedulian terhadap situasi, perasaan putus asa, tawa pada waktu yang tidak tepat tanpa alasan yang jelas, atau pikiran untuk bunuh diri. 

Baca Juga: Cara Efektif Mengatasi Trauma yang Bisa Anda Coba

5. Perubahan tidur atau nafsu makan

Tanda yang paling umum terjadi saat seseorang mengalami gangguan kesehatan mental yang terakhir adalah perubahan tidur dan nafsu makan. 

Kebiasaan tidur dan makan yang berubah secara dramatis (bisa lebih atau kurang) dari biasanya. Biasanya juga disertai kenaikan atau penurunan berat badan yang cepat. 

Pada intinya, ciri-ciri gangguan mental memang agak mirip dengan masalah emosi atau perilaku yang normal terjadi, tetapi jika diperhatikan dengan seksama, perbedaannya terlihat cukup jelas. 

Jika Anda atau kenalanmu ada yang menunjukkan ciri tersebut, sebaiknya periksakanlah kondisi ini ke dokter atau psikolog.

Penanganan yang tepat penting dilakukan sejak dini sebelum gangguan mental semakin parah dan menimbulkan penurunan kualitas hidup secara signifikan. 

Selain itu, pengetahuan mengenai kesehatan mental juga penting untuk dimiliki setiap orang, agar mereka bisa mengenali ciri-ciri gangguan mental dan segera mencari pertolongan ketika mengalaminya. 

Hal ini juga penting untuk menghilangkan stigma sosial dan diskriminasi terhadap para ODGJ.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News