Kenali 5 Tanda Kulit Wajah Mengalami Iritasi, Gatal Hingga Kemerahan

Sumber: HER WORLD
Rabu, 05 Oktober 2022 | 16:00 WIB
Kenali 5 Tanda Kulit Wajah Mengalami Iritasi, Gatal Hingga Kemerahan


MOMSMONEY.ID - Kenali beberapa tanda kulit wajah mengalami iritasi. Penyebab munculnya iritasi kulit wajah biasanya disebabkan oleh produk skincare yang tidak cocok. Sehingga, efeknya kulit jadi muncul tanda-tanda iritasi.

Namun, tidak semua wanita paham dengan tanda-tanda kulit wajah iritasi yang muncul.

Supaya tidak keliru, simak beberapa tanda kulit wajah mengalami iritasi, dilansir dari herworld.co.id:

1. Area wajah gatal

Tanda pertama kulit wajah mengalami iritasi adalah area wajah gatal-gatal. 

Rasanya tentu sangat ingin menggaruknya, tetapi dalam kondisi sangat gatal diusahakan untuk tidak terlalu sering menggaruk, terutama menggunakan kuku. Hal ini tentunya dapat memperparah kondisi kulit. 

2. Wajah bersisik dan mengelupas

Tanda kulit wajah mengalami iritasi selanjutnya adalah wajah bersisik dan mengelupas. Kondisi kulit terlihat bersisik bisa menggangu penampilan, terasa tidak nyaman dan sebaiknya segera diatasi.

Selain itu, kulit mengelupas juga cukup mengganggu apalagi tersangkut saat menggunakan masker. Gunakan pelembab yang dapat membantu mengurangi pengelupasan, terutama untuk Anda yang memiliki tipe kullit yang kering.

Baca Juga: Manfaatkan Promo Tiket.com 10.10 dengan Diskon To Do Domestik Hingga Rp 500.000

3. Muncul kemerahan

Ketika Anda merasa muncul kemerahan secara tiba-tiba pada area wajah, kemungkinan ini merupakan tanda dari kulit sedang iritasi.

Kondisi ini terkadang bisa bersamaan atau muncul sebelum dengan rasa gatal. Tidak perlu khawatir kemerahan ini akan hilang seiring dengan sembuhnya iritasi.

4. Muncul ruam

Berikutnya, tanda kulit wajah sedang iritasi adalah muncul ruam. Ruam pada wajah atau yang biasanya dapat langsung dilihat dengan munculnya bintik bintik merah, merupakan salah satu pertanda bahwa kulit Anda sedang mengalami iritasi.

Ruam sangat memungkinkan untuk menjadi sebuah lecet dan menimbulkan efek yang perih, oleh karena itu hindari terjadinya gesekan pada area kulit wajah.

5. Pembengkakan beberapa area wajah

Tanda kulit wajah iritasi lainnya adalah pembengkakan beberapa area wajah. Biasanya bibir dan area mata termasuk bagian tubuh menjadi salah satu gejala dari reaksi yang ditimbulkan akibat iritasi.

Bila Anda mengalami pembengkakan, tetapi akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 48 jam. Jika kondisi bengkak sudah melewati waktu tersebut dan terasa semakin menggangu, Anda dapat langsung berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TERPOPULER