Bugar

Kenali 5 Penyebab Lidah Terasa Pahit, Cari Tahu Yuk!

Kenali 5 Penyebab Lidah Terasa Pahit, Cari Tahu Yuk!

MOMSMONEY.ID - Mulut terasa pahit bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari penyakit asam lambung, konsumsi obat-obatan, hingga kehamilan.

Sebenarnya, kondisi ini bukanlah masalah yang serius. Namun, rasa pahit yang muncul sering kali menurunkan nafsu makan, sehingga dapat memengaruhi asupan nutrisi. 

Gangguan mulut ini juga dapat terjadi jika Anda sedang mengalami infeksi mulut, seperti pada gigi dan gusi hingga kondisi kesehatan lain, seperti gangguan asam lambung atau kehamilan.

Baca Juga: Wajib Dicoba! Inilah 10 Cara Ampuh Meredakan Sariawan

Untuk mengatasi mulut terasa pahit, Anda perlu mengetahui faktor penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab mulut terasa pahit yang dilansir dari Women's Health, antara lain:

Penyakit asam lambung

Naiknya makanan dan asam lambung ke kerongkongan setelah makan dapat menyebabkan mulut terasa pahit atau asam.

Ada beberapa faktor pemicu naiknya asam lambung, mulai dari merokok, konsumsi minuman beralkohol, makan dalam porsi besar, hingga obesitas.

Mulut kering

Mulut kering atau xerostomia dapat menyebabkan mulut terasa pahit karena penurunan produksi air liur.

Kondisi mulut kering ini dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti konsumsi obat-obatan, penuaan, penyakit autoimun, merokok, dan sindrom Sjogren.

Baca Juga: Cari Tahu Yuk Moms! 5 Cara Mengobati Radang Tenggorokan pada Anak

Konsumsi obat-obatan

Mulut terasa pahit biasanya dirasakan oleh seseorang yang sedang mengonsumsi obat-obatan, terutama pada pasien berusia lanjut.

Ada beberapa obat-obatan yang dapat menimbulkan rasa pahit di mulut, seperti antibiotik, obat untuk penyakit jantung dan pengontrol tekanan darah, obat antijamur, kortikosteroid. 

Ada juga obat lainnya seperti obat kemoterapi, obat penstabil mood dan antipsikotik, hingga suplemen tertentu, seperti tablet zat besi.

Kurang vitamin dan mineral

Tubuh Anda sangat membutuhkan vitamin dan mineral yang cukup. Selain menjaga kesehatan secara keseluruhan, vitamin dan mineral dibutuhkan untuk menjalani fungsinya masing-masing. 

Kurangnya asupan vitamin B12 dan zinc akan menyebabkan mulut menjadi beraroma tidak sedap dan menyebabkan rasanya berubah menjadi pahit.

Selain beberapa hal di atas, mulut terasa pahit juga dapat disebabkan oleh efek kemoterapi kanker, operasi pada telinga, hidung, atau tenggorokan, kekurangan vitamin, stres dan gangguan kecemasan, menopause, sindrom burning mouth, serta tingkat kebersihan gigi yang buruk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News