CLOSE [X]
ads

Kenali 5 Penyebab Kulit Wajah Menjadi Kusam yang Harus Anda Tahu

Sumber: Clean&Clear
Sabtu, 21 Mei 2022 | 12:05 WIB
Kenali 5 Penyebab Kulit Wajah Menjadi Kusam yang Harus Anda Tahu


MOMSMONEY.ID - Kulit kusam adalah tanda-tanda bahwa kulit sedang tidak sehat. Memiliki kulit kusam membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Agar bisa terhindar dari kulit kusam, berikut beberapa penyebab kulit menjadi kusam yang harus Anda tahu. Melansir dari cleanandclear.co.id, simak penjelasannya di bawah ini, yaitu: 

1. Tidak Rutin Membersihkan Wajah

Penyebab kulit kusam pertama adalah tidak rutin membersihkan wajah. Hal ini dikarenakan tumpukan sel kulit mati dan minyak berlebih yang ada di wajah. Sehingga pastikan untuk selalu mencuci wajah dengan bersih dua kali sehari di pagi dan malam hari.

Jika kulit Anda cenderung berminyak, gunakan pembersih wajah yang mampu mengontrol produksi minyak berlebih. Pembersih wajah ini mampu mengontrol minyak hingga 8 jam dan memiliki formula oil-free sehingga tidak menyumbat pori yang bisa memicu komedo.

2. Tidak Memakai Sunscreen

Penyebab kulit kusam selanjutnya yaitu tidak memakai sunscreen. Radiasi sinar UVA dan UVB yang terpapar pada kulit terus-menerus dapat membuat kulit jadi kusam dan tidak bercahaya. Jadi pastikan Anda selalu menggunakan sunscreen dengan SPF 30 (minimal) setiap pagi dan reapply setiap 3-4 jam sekali untuk perlindungan yang maksimal.  

Baca Juga: Promo Tiket.com s.d 24 Mei 2022, Diskon Hotel di Bali & Nusa Tenggara Sampai 50%

3. Tidak Memilih Pelembab yang Benar

Selain produk sunscreen, pemilihan pelembab yang tidak benar juga bisa membuat kulit kusam. Hal ini dikarenakan kulit mendapat asupan yang tidak seharusnya, sehingga pelembap yang Anda gunakan susah terserap. Sehingga membuat kulit semakin berminyak atau kering, dan akhirnya membuat kulit jadi kusam dan tidak bercahaya.

4. Begadang

Berikutnya, begadang juga bisa membuat kulit menjadi kusam. Penyebabnya karena kulit tidak memiliki waktu yang cukup untuk meregenerasi sel kulit. Oleh karena itu, usahakan agar Anda selalu tidur cukup selama 7-8 jam sehari di malam hari. Buat suasana kamar tidur menjadi nyaman agar kualitas tidur lebih baik. 

5. Kurang Mineral & Vitamin

Penyebab kulit kusam terakhir yaitu kurang mineral dan vitamin. Pentingnya untuk selalu mencukupi asupan nutrisi sehingga kulit menjadi cerah dan sehat. Jadi pastikan Anda mengonsumsi cukup mineral dan vitamin agar kulitmu tidak kusam. Minum air putih minimal 2 liter per hari dan perbanyak konsumsi buah dan sayur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TOPIK TERPOPULER