Bugar

Kenali 5 Penyebab Biduran di Malam Hari Selain Akibat Suhu Dingin, Yuk!

Kenali 5 Penyebab Biduran di Malam Hari Selain Akibat Suhu Dingin, Yuk!

MOMSMONEY.ID - Selain suhu dingin, inilah penyebab munculnya biduran di malam hari yang harus Anda tahu. Biduran atau urtikaria adalah kondisi yang mengakibatkan kulit gatal-gatal. Biduran akan sangat mengganggu ketika muncul di malam hari. 

Cara mengatasi biduran dengan mengonsumsi obat-obatan antihistamin yang dijual secara bebas di apotek.

Namun, perlu diingat bahwa obat-obatan antihistamin yang dijual bebas ini hanya boleh dikonsumsi bagi mereka yang gejala bidurannya tidak sampai kesulitan bernapas dan rasa gatalnya muncul dalam waktu singkat.

Jika terjadi lebih dari 24 jam disertai rasa sakit dan kesulitan bernapas, maka Anda perlu segera pergi ke rumah sakit. 

Oleh karena itu, Anda harus mengenali penyebab munculnya biduran. Melansir dari jovee.id, berikut lima penyebab biduran di malam hari, yaitu: 

Baca Juga: Ketahui 4 Bahan Aktif di Produk Cream untuk Menghilangkan Flek Hitam

1. Urtikaria kolinergenik

Penyebab pertama biduran di malam hari adalah urtikaria kolinergenik atau dikenal juga sebagai biang keringat. Seperti namanya, biang keringat disebabkan oleh keringat berlebih.

Mereka yang berolahraga berat seringkali mengalami biang keringat yang ditandai dengan ruam-ruam kemerahan pada kulit yang terasa gatal.

2. Demographism urticaria

Penyebab biduran di malam hari selanjutnya adalah demographism urticaria. Kondisi biduran yang disebabkan guratan atau garukan kuat pada kulit yang menimbulkan rasa gatal sepanjang area yang terkontak.

Bentol-bentol dan rasa gatal cenderung muncul dalam waktu lima sampai 10 menit, dan akan menghilang dalam waktu 10 sampai 15 menit.

Baca Juga: Promo Traveloka 5-11 Juni 2023, Diskon Tiket Pesawat Domestik Hingga Rp 1 Juta

3. Pressure urticaria

Kemudian, pressure urticaria disebabkan ketika kulit mengalami tekanan, seperti ketika Anda mengenakan pakaian yang ketat atau berdiri terlalu lama. Kondisi ini menyebabkan kulit terasa gatal, berwarna kemerahan, dan terkadang sedikit menyakitkan

4. Solar urticaria

Penyebab biduran berikutnya adalah solar urticari. Papaparan sinar ultraviolet (UV) yang menyebabkan gatal-gatal pada area kulit yang terpapar sinar matahari.

Kondisi ini menyebabkan kulit terasa gatal, kemerahan, dan terasa hangat ketika disentuh. Penderitanya bisa pingsan jika biduran tersebar luas di sebagian besar area tubuh.

5. Stress urticaria

Penyebab biduran di malam hari lainnya adalah stress urticaria. Stres bisa menjadi penyebab biduran yang perlu diperhatikan, terutama jika pemicunya adalah stres emosional. Dengan demikian, kondisinya sulit didefinisikan karena stres hanya dianggap sebagai penyebabnya.

Jadi, itulah beberapa penyebab biduran di malam hari selain akibat suhu dingin. Segera rawat kulit dengan tepat jika terjadi biduran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News