Bugar

Kenali 5 Penyebab BAB Berdarah Agar Bisa Mengantisipasinya

Kenali 5 Penyebab BAB Berdarah Agar Bisa Mengantisipasinya

MOMSMONEY.ID - Buang air besar (BAB) berdarah adalah kondisi ketika terdapat darah dalam feses. Kondisi ini merupakan gejala adanya pendarahan di saluran pencernaan.

BAB berdarah dapat mengakibatkan kondisi medis yang serius dan berakibat fatal. Oleh karena itu, penting untuk segera memeriksakan diri ke dokter bila terlihat ada darah dalam feses.

Walau terkadang tidak disertai sakit, BAB berdarah tetap harus diwaspadai. Kondisi ini dapat disebabkan oleh banyak hal, namun umumnya karena adanya pendarahan di saluran pencernaan.

Dilansir dari Healthline dan Medical News Today berikut ini adalah penyebab BAB berdarah yang perlu Anda ketahui agar bisa mengantisipasinya, antara lain: 

Baca Juga: 5 Cara Alami Meredakan Gangguan Ambeien

Inflammatory Bowel Disease (IBD)

Penyebab BAB berdarah yang pertama karena inflammatory bowel diseaseInflammatory bowel disease (IBD) adalah istilah untuk penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan di usus.

Penyakit Crohn dan kolitis ulserativa adalah jenis IBD yang paling umum. Kedua penyakit tersebut sama-sama dapat menjadi penyebab buang air besar berdarah.

Penyakit radang usus

Penyebab BAB berdarah yang kedua adalah penyakit radang usus. Penyakit ini diduga terjadi karena kondisi autoimun. 

Penyakit radang usus, seperti kolitis ulseratif dan penyakit Crohn, bisa membuat Anda mengalami beberapa gejala, mulai dari nyeri perut, demam, diare, hingga buang air besar berdarah. 

Ambeien

Penyebab BAB berdarah yang selanjutnya adalah ambeien. Ambeien merupakan penyakit terbanyak yang menyebabkan buang air besar berdarah.

Ambeien terjadi ketika pembuluh darah sekitar anus membengkak dan pecah yang menimbulkan perdarahan. Ambeien ditandai dengan benjolan, rasa gatal, ataupun nyeri di sekitar anus. 

Baca Juga: Anus Gatal Sangat Mengganggu? Kenali Penyebabnya

Polip usus

Penyebab BAB berdarah yang keempat adalah polip usus. Polip usus adalah benjolan kecil dengan bentuk bertangkai yang tumbuh di sepanjang lapisan dalam usus besar. 

Meski begitu, mengutip dalam laman Harvard Health Publishing, benjolan yang semakin besar menjadi penyebab BAB berdarah. Polip usus pun bisa berkembang menjadi kanker usus besar. 

Hemorrhoid 

Penyebab BAB berdarah yang paling umum adalah hemorrhoid. Hemorrhoid adalah benjolan yang muncul ketika pembuluh darah vena di anus meradang dan membengkak.

Orang awam lebih mengenal kondisi ini dengan sebutan wasir. Dalam banyak kasus, wasir muncul karena kebiasaan mengejan (ngeden) yang terlalu keras saat BAB. 

Jika BAB berdarah yang Anda alami cukup parah, dokter akan menganjurkan Anda untuk menjalani rawat inap selama 1-2 hari di rumah sakit. Selain itu, pengobatan dari dokter bisa saja mengharuskan Anda mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News