HOME, Bugar

Kenali 5 Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan

Kenali 5 Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Kayu secang sering diolah menjadi minuman. Selain untuk menghangatkan tubuh, wedang secang ternyata menyimpan segudang khasiat sehat lainnya yang sayang jika dilewatkan. 

Kayu secang (Caesalpinia sappan) sudah lama diolah sebagai bahan minuman herbal yang dicampur aneka rempah atau dikenal dengan sebutan wedang uwuh. 

Batang kayu secang terlebih dahulu diserut dan dijemur agar dapat digunakan sebagai bahan minuman. Beragam senyawa yang terdapat pada kayu secang dipercaya bermanfaat untuk kesehatan.

Baca Juga: Manfaat dan kandungan nutrisi daun serai untuk kesehatan

Dilansir dari Everyday Health, berikut ini adalah beberapa manfaatnya yang bisa Anda rasakan. 

1. Mengatasi peradangan dan nyeri

Kayu secang memiliki kandungan senyawa yang dapat meredakan peradangan. Beberapa riset juga menunjukkan bahwa ekstrak kayu secang bermanfaat untuk meredakan nyeri, misalnya karena radang sendi dan nyeri otot. 

Meski demikian, efektivitas manfaat kayu secang sebagai obat herbal untuk mengatasi penyakit akibat peradangan masih perlu diteliti lebih lanjut. 

2. Mencegah kanker

Sifat antioksidan dalam kayu secang dinilai mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Meski demikian, manfaat kayu secang sebagai pengobatan kanker masih memerlukan penelitian lebih lanjut. 

3. Membasmi bakteri

Salah satu manfaat kayu secang adalah untuk membasmi dan mencegah pertumbuhan bakteri. Kandungan senyawa antibakteri pada kayu secang diketahui dapat membasmi bakteri penyebab infeksi, misalnya bakteri Salmonella, Streptococcus, dan E. coli. 

Baca Juga: 5 Obat Herbal yang Bisa Bantu Redakan Pernafasan Akibat Radang Paru-Paru

4. Menghentikan diare

Tanaman herbal yang satu ini sering dijadikan obat tradisional untuk menghentikan diare. Kayu secang biasa dijadikan teh herbal atau jamu untuk mengatasi gangguan pencernaan tersebut. 

Kandungan antibakteri di dalamnya yang punya peranan besar dalam membasmi bakteri penyebab diare. 

5. Mencegah kerusakan sel

Kayu secang merupakan salah satu tanaman herba yang mengandung antioksidan, seperti flavonoid, polifenol, dan brazilin. 

Kandungan antioksidan tersebut terlihat dapat mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat efek radikal bebas. Antioksidan juga diketahui berperan dalam menurunkan risiko terjadinya penyakit tertentu. 

Berbagai klaim manfaat kayu secang di atas sebenarnya masih perlu dikaji lebih lanjut, karena masih sedikit sekali penelitian terkait tanaman herbal yang satu ini. 

Kayu secang umumnya aman dikonsumsi sebagai jamu atau teh herbal, tetapi pastikan Anda tidak mengonsumsinya bersamaan dengan obat-obatan guna mencegah efek interaksi obat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News