Kenali 5 Manfaat Karbohidrat Kompleks untuk Kesehatan Tubuh

Reporter: Helvana Yulian
Kamis, 22 September 2022 | 13:30 WIB
Kenali 5 Manfaat Karbohidrat Kompleks untuk Kesehatan Tubuh


MOMSMONEY.ID - Karbohidrat kompleks merupakan jenis karbohidrat yang diketahui lebih sehat dan bergizi, sehingga memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh.

Karbohidrat ini bisa ditemukan di berbagai jenis makanan, seperti kacang polong, gandum, roti, dan nasi ada juga buah dan sayuran, termasuk ketimun dan okra.

Meski demikian, tak semua jenis karbohidrat sederhana sehat untuk dikonsumsi sehari-hari, namun makanan mengandung karbohidrat komplek memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. 

Baca Juga: 5 Makanan Pengganti Nasi yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Dilansir dari Mayo Clinic, inilah beberapa manfaat mengonsumsi makanan mengandung karbohidrat kompleks, antara lain:

Mendukung kesehatan pencernaan

Manfaat makanan mengandung karbohidrat kompleks yang pertama adalah mendukung kesehatan pencernaan. Ini bisa mencegah penyakit pada usus besar, wasir dan kanker di area kolon (kolorektal).

Serat pada karbohidrat kompleks bisa membuat jumlah feses meningkat dan membuatnya lebih halus sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Meningkatkan massa otot

Manfaat makanan mengandung karbohidrat kompleks yang kedua berguna untuk meningkatkan massa otot. Saat kekurangan asupannya sebagai bahan bahar, tubuh mengambil energi dari otot agar organ dalam tubuh bisa menjalankan fungsinya. 

Mendukung kesehatan otak

Manfaat makanan mengandung karbohidrat kompleks yang ketiga mendukung kesehatan otak. Karbohidrat kompleks menjadi bahan bakar otak agar bisa menjalankan fungsi normalnya.

Tanpa asupan yang cukup, Anda menjadi mudah pusing, sulit berkonsentrasi dan fokus.

Baca Juga: Ini Cara Menjaga Kesehatan Sperma agar Kualitasnya Tetap Tokcer

Mengatur gula darah

Manfaat makanan mengandung karbohidrat kompleks yang selanjutnya mengatur gula darah tubuh. Penyerapan karbohidrat kompleks membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari serangan penyakit akibat kadar gula berlebihan, seperti diabetes dan sakit jantung.

Menjaga berat badan stabil

Manfaat makanan mengandung karbohidrat kompleks yang terakhir adalah menjaga berat badan stabil. Karbohidrat kompleks mengandung tinggi serat dan rendah kalori.

Serat dalam karbohidrat komplek bisa membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Ini berdampak pada penurunan atau berat badan tetap stabil.

Menjaga asupan karbohidrat kompleks bisa menjadi kunci hidup sehat, sebab bisa mengendalikan berat badan sehingga risiko diabetes tipe 2 dan gangguan jantung menjadi lebih rendah.

Jika Anda memerlukan informasi lebih jauh mengenai karbohidrat kompleks, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter gizi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER