HOME, Bugar

Kenali 5 Manfaat Daun Suji, Salah Satunya Bisa Mengatasi Masalah Pernapasan

Kenali 5 Manfaat Daun Suji, Salah Satunya Bisa Mengatasi Masalah Pernapasan

MOMSMONEY.ID - Daun suji (Dracaena angustifolia) merupakan salah satu tumbuhan yang dikenal sebagai sumber klorofil yang baik.

Tanaman ini bisa dikenali dari daunnya yang berwarna hijau gelap, berbentuk pita memanjang, runcing, dan bunganya yang berwarna putih kekuningan. 

Selain kaya akan klorofil yang sudah terkenal bermanfaat untuk kesehatan, daun suji juga mengandung banyak senyawa bioaktif yang memiliki sifat antioksidan.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Daun Pandan, Salah Satunya Bisa Menurunkan Darah Tinggi

Senyawa bioaktif yang terkandung di dalam daun suji antara lain alkaloid, flavonoid, tannin, terpenoid, saponin, polifenol, dan glikosida. 

Selain kandungan di atas, dilansir dari Mayo Clinic, inilah beberapa manfaat daun suji yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Mengatasi masalah pernapasan

Manfaat daun suji yang pertama adalah mengatasi masalah pernapasan. Air perasan daun suji banyak digunakan untuk mengatasi masalah pernapasan, terutama batuk.

Selain itu, air perasan ini juga dipercaya dapat menyehatkan paru-paru, terutama pada penderita asma dan pasien yang mengalami sesak napas, bahkan penyakit tuberkulosis (TBC). 

2. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat daun suji yang kedua bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Ekstrak daun suji dapat menurunkan kadar kolesterol darah hingga 50%. 

Anda juga akan terlindungi dari banyak penyakit kardiovaskular, termasuk hipertensi, penyakit jantung, dan stroke. 

3. Menaikkan berat badan

Manfaat daun suji yang ketiga bisa meningkatkan nafsu makan. Anda yang sedang menambah berat badan dengan cara sehat, cobalah campuran sari daun ini ke dalam makanan Anda. 

Mengonsumsi daun suji saja tidak akan memenuhinya. Anda tetap perlu berolahraga dan bila perlu berkonsultasi ke dokter soal cara menaikkan berat badan yang tepat. 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Inilah Manfaat Daun Binahong untuk Kecantikan

4. Menurunkan risiko preeklampsia

Manfaat daun suji yang keempat adalah menurunkan risiko preeklampsia. Kandungan magnesium adalah salah satu komponen klorofil yang banyak terdapat pada daun ini.

Meskipun Anda tidak mengalami preeklampsia atau eklampsia, konsumsi tanaman ini juga bisa mempercepat penyembuhan penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi). 

5. Mengobati masalah paru-paru

Manfaat daun suji yang kelima adalah mengobati masalah paru-paru. Caranya adalah ambil sembilan helai daun suji muda, kemudian ditumbuh dan diperas. 

Air perasannya dicampur dengan air panas sebanyak 1 gelas dan diminum 3 kali sehari dan lakukan secara rutin untuk merasakan manfaatnya.

Namun, sebelum mengonsumsi daun suji sebagai terapi tambahan untuk kondisi yang Anda alami, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News